Cegah Penularan Covid-19, Pasien RSUD Gambiran Daftar Lewat WhatsApp

Cegah Penularan Covid-19, Pasien RSUD Gambiran Daftar Lewat WhatsApp Pasien RSUD Gambiran Daftar Lewat WhatsApp.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Merebaknya wabah Covid-19 atau virus Corona membuat Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran Kota Kediri, mengurangi antrean pasien rawat jalan.

Sehari sebelum memeriksakan diri, mereka bisa melakukan pendaftaran online melalui aplikasi WhatsApp. Dengan sistem pendaftaran online ini, pasien bisa mendaftarkan diri tanpa harus menunggu di kursi antrean.

Selain memudahkan pasien, pendaftaran online ini juga efektif mengurangi penumpukan antrean sekaligus melakukan physical distancing sebagaimana imbauan pemerintah.

“Pasien tak harus datang ke rumah sakit untuk mendaftar, cukup melalui WhatsApp,” kata Direktur RSUD Gambiran Dr. Fauzan Adima, M.Kes, Senin (13/4).

Menurut dr. Fauzan, sistem pendaftaran online yang diberi nama SisBro (Sistem Booking Rawat Jalan Online) ini cukup sederhana. Pasien hanya tinggal menyimpan kontak WhatsApp SisBro di nomor 08821 789 4000 dan melakukan chat dengan menulis “Daftar”.

Setelah menerima respon dari operator, pasien diminta menuliskan identitas dengan format #No Rekam Medis#Nama Pasien#Tujuan Poliklinik#Cara Bayar#Tanggal Booking. Contohnya: #343459#Budi Sutrisno#poli dalam#BPJS#14-4-2020.

Usai mengirimkan data pasien, lanjutnya, operator akan mengirimkan nomor antrean untuk keesokan hari.

Dengan mengetahui nomor antrean, pasien bisa memperkirakan jam kedatangan agar tak terlalu lama menunggu di rumah sakit. “Besoknya tinggal menunjukkan WA tersebut ke petugas pendaftaran,” tambah Dr. Fauzan Adima.

Selain memudahkan pasien, pendaftaran secara online ini juga membuat proses layanan kesehatan di rumah sakit lebih cepat. Berbekal data yang dikirimkan pasien sehari sebelumnya, petugas bisa menyiapkan berkas rekam medis dan menyerahkan ke poli yang dituju.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO