Diterjang Banjir Disertai Lumpur, Jalan di Desa Ranupani Sempat Lumpuh

Diterjang Banjir Disertai Lumpur, Jalan di Desa Ranupani Sempat Lumpuh Alat berat yang disiagakan untuk membersihkan lumpur.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 7 rumah di kawasan lereng Gunung Semeru, tepatnya di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, diterjang banjir disertai lumpur, kemarin Senin (6/4). Beruntung, kejadian nahas itu tidak menimbulkan korban jiwa. Namun 7 rumah mengalami kerusakan ringan lantaran lumpur masuk ke dalam rumah warga.

Data yang diterima media ini, air bah dari kawasan pengunungan di desa setempat juga membawa material lumpur. Sungai kecil yang menuju Ranupani tidak bisa menampung debit air yang begitu besar.

Sehingga, air meluber dan menutupi jalan desa setempat. Akses jalan tidak bisa lewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Ketebalan lumpur mencapai 30 centimeter.

BPBD bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten harus menurunkan alat berat untuk membersihkan lumpur yang menutupi jalan desa setempat.

"Jalan sempat ditutup kemarin, karena tidak bisa dilewati," ungkap Wawan Hadi Siswoyo, Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , Selasa (7/4).

Wawan menjelaskan, sungai kecil tidak bisa menampung debit air yang disertai lumpur dari kawasan pengunungan. "Air disertai lumpur dari kebun warga," ungkapnya.

Berkat kerja sama semua pihak, dengan menggunakan alat berat, jalan bisa dilewati kembali. "Almadulillah tidak ada korban jiwa. Untuk sementara alat berat Loader masih disiagakan di sana,” pungkasnya (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO