Bahas Penundaan Pilkada, KPU Gresik Rapat dengan KPU Jatim via Video Conference

Bahas Penundaan Pilkada, KPU Gresik Rapat dengan KPU Jatim via Video Conference Makmun ketika rapat via video conference dengan KPU Jatim. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM , Makmun mengungkapkan, rapat koordinasi dengan KPU Jatim tetap digelar seperti biasanya meski di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Namun, kali ini rapat yang diikuti seluruh KPU kota dan kabupaten di Jatim memanfaatkan video conference. "Jadi, para komisoner yang mengikuti rapat terkoneksi di dalam kediaman masing-masing," ujar Makmun kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (4/4).

Makmun mengungkapkan, rapat via video conference untuk menghindari kontak fisik dan tatap muka guna pencegahan COVID-19.

"Kami memanfaatkan suasana work from home (WFH) dengan tetap produktif bekerja sesuai bidang masing-masing. Kondisi seperti ini akan berlangung sampai pandemi ini mereda," ungkapnya.

Makmun mengungkapkan hasil rapat, antara lain, KPU di daerah diminta aktif kampanye melawan COVID-19 dan mensosialisasikan penundaan semua tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati yang sebelumnya direncanakan digelar pada 23 September 2020.

"KPU memberikan tiga opsi penundaan. Pertama, Pilkada akan ditunda selama 3 bulan, yakni diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang. Kedua, Pilkada ditunda 6 bulan, yakni diselenggarakan pada 17 Maret 2020 mendatang. Kedua Itu tawaran opsi dari KPU waktu rapat dengar pendapat (RPD) dengan DPR RI," ungkapnya.

"Kemudian, opsi yang ketiga, Pilkada ditunda tahun depan atau ditunda selama 12 bulan. Yakni, akan digelar pada 29 September 2021. Dan, semua pilihan penundaan itu hanya bersifat opsi," katanya.

"Pihak sendirimasih menunggu Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang saat ini masih digodok. Sesuai rapat dengar pendapat di Komisi II DPR RI bersama Bawaslu, dan Kemendagri, kita sama-sama menunggu Perppu," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO