Rabu, 03 Juni 2020 01:35

Sebar Video Hoax Terkait Pasien Corona, Seorang Tukang Tambal Ban di Jember Ditangkap Polisi

Sabtu, 28 Maret 2020 17:42 WIB
Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Sebar Video Hoax Terkait Pasien Corona, Seorang Tukang Tambal Ban di Jember Ditangkap Polisi
Tangkapan layar video yang direkam Fandi Ahmad. Tampak ambulans mengevakuasi tetangganya seorang lansia yang disebutnya positif Corona.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Seorang tukang tambal ban bernama Fandi Ahmad warga Jalan Tanjung Lingkungan Krajan, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember, ditangkap polisi setelah menyebarkan video hoax tentang Corona. Pemuda 24 tahun itu menyebarkan video berdurasi 29 detik saat tetangga sebelah rumahnya dibawa oleh mobil ambulans Puskesmas Mangli.

Dalam video yang viral di grup-grup WhatsApp itu, terlihat petugas puskesmas dan sopir ambulans menggunakan pakaian Alat Pengaman Diri (APD) lengkap, menjemput seorang warga untuk dievakuasi ke rumah sakit.

Fandi Ahmad merekam sendiri video tersebut. Saat itu, tetangganya yang berinisial L (70) memang baru pulang dari Bali dan mengalami sakit. Diketahui L ini memiliki riwayat asma. Karena menunjukkan ciri-ciri mirip pasien Covid-19, maka dia dijemput ambulans dengan petugas berpakaian APD lengkap tersebut.

Namun, dalam videonya, Fandi Ahmad menyebut bahwa tetangganya itu positif Corona. "Mangli Krajan Jember, positif Corona bos, kampungku dewe bos, puh palang," ucap sang pemuda pembuat video, Jumat (27/3/2020) malam. Sontak, video yang direkamnya itu pun menjadi viral.

Berawal dari rekannya yang meminta kiriman video tersebut, kemudian Fandi juga memberikan rekaman video itu ke beberapa temannya yang lain.

Padahal, konfirmasi adanya pasien yang berstatus PDP apakah positif ataupun negatif Covid-19, merupakan wewenang gubernur provinsi setempat, ataupun dari Kementerian Kesehatan RI.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Fandi Ahmad saat ini sudah dibawa ke Mapolres Jember untuk menjalani penyelidikan atau penyidikan.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kasatreskrim Polres Jember AKP AH Frans Kembaren belum berkenan memberikan pernyataan. Dirinya hanya membenarkan adanya penangkapan terhadap pemuda yang sehari-hari bekerja sebagai tukang tambal ban itu.

"Nanti dulu ya mas, biar nanti kapolres yang memberikan statement. Kan jam 4 nanti ada giat juga di polres," katanya singkat. (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Senin, 01 Juni 2020 12:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<...