Kamis, 28 Mei 2020 04:09

Masuk Zona Merah, Satu PDP di Lumajang Postif Terinfeksi Covid-19

Sabtu, 28 Maret 2020 10:17 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Imron Ghozali
Masuk Zona Merah, Satu PDP di Lumajang Postif Terinfeksi Covid-19
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq didampingi, Wakil Bupati, Kapolres, Kodim, Kadinkes dan Direktur RSUD. dr. Haryoto Lumajang.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang merilis data terbaru sebaran virus corona atau Covid-19, Jumat (27/3) malam. Satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baru di Lumajang terkonfimasi positif terinfeksi Covid-19 setelah hasil pemeriksaan keluar.

Pasien yang berasal dari Kecamatan Kedungjajang itu saat ini dirawat di RSUD dr. Haryoto Lumajang. Kini Lumajang menambah wilayah yang masuk zona merah di Provinsi Jawa Timur.

“Malam ini, kami meluruskan informasi, bahwa setelah hasil pemeriksaan yang baru keluar, satu orang warga yang sebelumnya diduga terjangkit Corona, dinyatakan terkonfirmasi positif Corona, dan kami pastikan tim medis akan melakukan penanganan dengan baik,” ungkap Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) melalui konferensi pers.

Cak Thoriq juga mengungkapkan, warga yang terkonfirmasi positif Corona tersebut, sebelumnya dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan dalam pengawasan oleh tenaga kesehatan RSUD dr. Haryoto Lumajang.

"Orang yang positif ini, sebelumnya melaksanakan ibadah umrah, dan telah kembali ke tanah air pada 10 Maret 2020 lalu, kemudian masuk dalam RSUD dr. Haryoto pada 20 Maret 2020, hingga saat ini sedang diisolasi di RSUD dr. Haryoto. Sementara kondisinya saat ini stabil dan sehat," terangnya.

Ia menambahkan, untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya akan melakukan langkah-langkah untuk dapat mendeteksi lebih awal, serta mengisolasi orang terdekat maupun yang pernah menjalin kontak dengan pasien tersebut, untuk melakukan pemeriksaan dengan rapid test.

"Kita akan mendeteksi kontak terdekat, siapa saja yang di lingkaran keluarganya yang sekian waktu berinteraksi erat, kemudian siapa saja yang berkunjung atau ziarah umrah. Dan, tentu kita juga akan melakukan isolasi bagi beberapa keluarga yang dekat dengan kita awali melalu rapid test terlebih dahulu," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengimbau agar masyarakat tidak panik, namun harus tetap fokus dan wasapada untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri.

"Sekarang, sudah tidak boleh ada lagi satu orang warga Lumajang yang meremehkan virus ini, karena kita sekarang akan bertindak tegas. Dan, virus ini bukan virus influenza biasa, virus ini sangat ganas dan menyebarnya sangat cepat, kami tidak ingin ada lagi warga yang postif di Lumajang, cukup satu ini, mudah-mudahan cepat sembuh," harap wabup yang akrab dipanggil Bunda Indah ini. (ron/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...