Kamis, 04 Juni 2020 17:30

Cegah Covid-19, Mobil Damkar dan Water Cannon Semprotkan Disinfektan ke Jalanan Kota Lumajang

Jumat, 27 Maret 2020 18:51 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Imron Ghozali
Cegah Covid-19, Mobil Damkar dan Water Cannon Semprotkan Disinfektan ke Jalanan Kota Lumajang
Mobil Water Cannon dan Damkar saat menyemprotkan disinfektan di seputar Kota Lumajang.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Pemkab Lumajang bersama Polri dan TNI menggerakan mobil Damkar dan Water Cannon untuk menyemprotkan cairan disinfektan secara merata di wilayah Kabupaten Lumajang. Tujuannya, yakni untuk menyegah menyebarnya Covid-19.

"Kami akan terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Dengan menggerakan mobil Damkar dan Water Cannon, maka akan bisa menyemprotkan cairan disinfektan secara merata," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam kegiatan penyemprotan disinfektan di ruas jalan perkotaan di Lumajang, Jumat (27/3).

Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq ini menyampaikan, bahwa kegiatan penyemprotan tersebut dilakukan di sejumlah rumah warga, fasilitas, maupun ruang publik yang ada di wilayah kecamatan-kecamatan.

Kegiatan tersebut merupakan tindakan serius Pemerintah Kabupaten Lumajang beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam mencegah penyebaran virus Corona.

"Langkah-langkah ini akan terus kami lakukan, sekaligus memastikan bahwa tahapan lain dalam pencegahan wabah virus Corona juga akan kami lakukan," kata dia.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan penyemprotan tersebut menggunakan 1 unit mobil Water Cannon dari Polres Lumajang, 2 unit Damkar, dan 2 unit truk tangki dari Pemkab Lumajang. Penyemprotan akan terus dilakukan ke depannya hingga waktu yang telah ditentukan, dengan memprioritaskan tempat-tempat umum yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Saya, Kapolres, beserta Dandim 0821 Lumajang akan terus memantau hingga titik mana yang sudah dilakukan dan mana yang harus dilakukan," imbuhnya.

Cak Thoriq berharap kepada masyarakat Lumajang untuk terus mendukung Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam mencegah penyebaran virus Corona. Yakni, dengan selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah dan lingkungan sekitarnya secara mandiri.

Sementara itu, menurut AKBP Adewira Negara Siregar Kapolres Lumajang, penyemprotan disinfektan dengan menggunakan mobil sangat efisien dalam pencegahan virus Corona di tempat-tempat umum, khususnya rumah dan gedung yang ada di pinggir jalan besar.

"Penyemprotan dengan menggunakan mobil ini, air yang keluar harus menggunakan sistem uap air, dan kalau bisa melewati yang ada gedungnya, serta kecepatan mobilnya tidak terlalu cepat sehingga mendapatkan hasil yang maksimal," terangnya.

Ia juga berharap dengan kegiatan tersebut, masyarakat dapat lebih peduli dan memahami dalam mencegah wabah virus Corona pada diri sendiri. (ron/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...