Minggu, 12 Juli 2020 16:23

Pemkab Tuban: Ngatimah Penghuni Kos di Kawatan Tidak Terpapar Corona

Kamis, 26 Maret 2020 22:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Suwandi
Pemkab Tuban: Ngatimah Penghuni Kos di Kawatan Tidak Terpapar Corona
Kartu Kewaspadan Covid-19 Dinkes Bojonegoro milik Ngatimah yang viral dan sempat membuat panik masyarakat

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabar viral di medsos adanya penghuni kos di daerah Kawatan RT 03 RW 04, Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan/Kabupaten Tuban yang disebut terpapar Corona, dibantah oleh Pemkab Tuban, Kamis (26/3/2020).

Pemkab Tuban melalui Direktur RSUD Dr Koesma Tuban, dr Saiful Hadi yang juga Perwakilan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengatakan, pasien atas nama Ngatimah (60) asal Indramayu, Jawa Barat yang kos di daerah Kawatan tersebut tidak terpapar Corona.

Sesuai pemeriksaan, Ngatimah hanya mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) biasa dan ada tambahan satirasi oksigen.

Namun, karena Ngatimah ini berasal dari Indramayu zona merah, sehingga statusnya saat ini termasuk ODP (Orang Dalam Pemantauan). Ia menegaskan, bahwa orang yang dikategorikan ODP bukan berarti terpapar virus Corona.

"Jadi ODP negatif Corona. Begitu lengkapnya," tegas Saiful, begitu sapaan akrabnya.

Kata dia, informasi yang berhasil didata pemkab, Ngatimah memang kesehariannya sebagai pengamen di daerah Kabupaten Bojonegoro yang pulangnya hingga pukul 17.00 WIB. Kemudian, ia bertempat tinggal di kos sekitar Kawatan.

Di kos tersebut, Ngatimah tinggal bersama Kamirah (45) dan Ngaspen (45) yang keduanya juga berasal dari Indramayu. Tetapi, saat akan diperiksa di daerah Bojonegoro, Ngatimah melarikan diri dan naik bus ke arah Tuban.

Setelah Pemkab Tuban mendapatkan laporan itu, lalu Tim Gugus Tugas Covid-19 bergerak cepat dan memeriksa yang bersangkutan. "Saat dicek memang demam, tapi setelah pemeriksaan lanjutan, ternyata tidak terpapar corona," ungkap Saiful.

Pemkab mengimbau, kepada masyarakat agar tidak mudah panik dan menyebarkan berita hoax terkait Covid-19 ini. Sebab, semakin menyebarluaskan informasi yang belum tentu kebenarnnya, maka akan menjadikan masyarakat panik.

"Kami minta masyarakat juga menjaga pola hidup bersih dan sehat. Kemudian, hindari kerumunan massa," pesan mantan Kadinkes Tuban ini. (wan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...