Pemkab Tuban: Ngatimah Penghuni Kos di Kawatan Tidak Terpapar Corona

Pemkab Tuban: Ngatimah Penghuni Kos di Kawatan Tidak Terpapar Corona Kartu Kewaspadan Covid-19 Dinkes Bojonegoro milik Ngatimah yang viral dan sempat membuat panik masyarakat

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabar viral di medsos adanya penghuni kos di daerah Kawatan RT 03 RW 04, Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan/Kabupaten yang disebut terpapar Corona, dibantah oleh Pemkab , Kamis (26/3/2020).

Pemkab melalui Direktur RSUD Dr Koesma , dr Saiful Hadi yang juga Perwakilan Gugus Tugas Penanganan mengatakan, pasien atas nama Ngatimah (60) asal Indramayu, Jawa Barat yang kos di daerah Kawatan tersebut tidak terpapar Corona.

Sesuai pemeriksaan, Ngatimah hanya mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) biasa dan ada tambahan satirasi oksigen.

Namun, karena Ngatimah ini berasal dari Indramayu zona merah, sehingga statusnya saat ini termasuk ODP (Orang Dalam Pemantauan). Ia menegaskan, bahwa orang yang dikategorikan ODP bukan berarti terpapar virus Corona.

"Jadi ODP negatif Corona. Begitu lengkapnya," tegas Saiful, begitu sapaan akrabnya.

Kata dia, informasi yang berhasil didata pemkab, Ngatimah memang kesehariannya sebagai pengamen di daerah Kabupaten Bojonegoro yang pulangnya hingga pukul 17.00 WIB. Kemudian, ia bertempat tinggal di kos sekitar Kawatan.

Di kos tersebut, Ngatimah tinggal bersama Kamirah (45) dan Ngaspen (45) yang keduanya juga berasal dari Indramayu. Tetapi, saat akan diperiksa di daerah Bojonegoro, Ngatimah melarikan diri dan naik bus ke arah .

Setelah Pemkab mendapatkan laporan itu, lalu Tim Gugus Tugas bergerak cepat dan memeriksa yang bersangkutan. "Saat dicek memang demam, tapi setelah pemeriksaan lanjutan, ternyata tidak terpapar corona," ungkap Saiful.

Pemkab mengimbau, kepada masyarakat agar tidak mudah panik dan menyebarkan berita hoax terkait ini. Sebab, semakin menyebarluaskan informasi yang belum tentu kebenarnnya, maka akan menjadikan masyarakat panik.

"Kami minta masyarakat juga menjaga pola hidup bersih dan sehat. Kemudian, hindari kerumunan massa," pesan mantan Kadinkes ini. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO