Minggu, 12 Juli 2020 17:14

Gelar Sholat Gaib untuk Ibunda Jokowi, Ratusan Santri di Jombang Jaga Jarak

Kamis, 26 Maret 2020 12:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Gelar Sholat Gaib untuk Ibunda Jokowi, Ratusan Santri di Jombang Jaga Jarak
Santri Al-Aqobah saat sholat gaib untuk Ibunda Jokowi.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Aqobah, Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, menggelar Sholat Gaib untuk almarhumah Sudjiatmi Notomiharjo, yang tak lain adalah ibunda dari Presiden RI Joko Widodo, Kamis 26/03/20.

Sholat gaib yang dilakukan kali ini sedikit berbeda, dengan menaati protokol kesehatan. Yakni, masing-masing santri membuat jarak saf jama'ah sholat hingga satu meter. Selain itu, para santri juga berdo’a agar wabah Virus Corona (Covid-19) segera berlalu.

Pengasuh Ponpes Al-Aqobah, KH Junadi Hidayat mengungkapkan, selain melaksanakan sholat gaib, para santri juga membersihkan tangan dengan cairan antiseptik (hand sanitizer). Perilaku tersebut sebagai upaya pondok untuk menjaga kesehatan di tengah ramainya pencegahan Covid-19.

“Kita melaksanakan perintah agama, tetapi tetap dengan mematuhi protap atau protokol kesehatan. Karena yang salat ini para santri yang sudah kita lokalisir, yang kita lockdown di dalam pondok,” ucapnya.

Junaidi menjelaskan, sholat gaib ini ditujukan kepada almarhumah ibunda Jokowi yang meninggal pada Kamis (25/3) sore kemarin. Ia meminta agar para santri mendoakan arwah Sudjiatmi Notomiharjo dengan membaca doa tahlil bersama setelah sholat gaib.

“Kita ikut berduka atas wafatnya ibunda pak Jokowi, presiden kita. Kita doakan, semua santri Al-Aqobah di Jombang ini mendoakan dengan salat gaib dan tahlil bersama. Semoga Allah mendoakan tempat yang terbaik, semua amalnya diterima dan kesalahan-kesalahannya diampuni,” terangnya.

Sementara, para santri juga turut mendoakan Presiden Jokowi agar kuat menghadapi virus Corona yang kini melanda bangsa Indonesia. Santri berharap kondisi seperti sekarang ini segera selesai.

“Untuk musibah di Indonesia ini, pesan saya untuk Pak Jokowi agar tetap tegar, terus bersemangat membimbing rakyatnya supaya tidak terlalu heboh dengan ujian ini,” ucap santri Ponpes Al-Aqobah, Abdul Fawait. (aan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...