Jumat, 25 September 2020 22:11

​Alwi Shihab Ajak Beragama dengan Akal Sehat, Boleh Tinggalkan Salat Jumat karena Covid-19

Sabtu, 21 Maret 2020 12:40 WIB
Editor: MA
​Alwi Shihab Ajak Beragama dengan Akal Sehat, Boleh Tinggalkan Salat Jumat karena Covid-19
Prof. Dr Alwi Shihab (kanan) dan Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA (kiri) dalam acara Rapat Kerja Yayasan Amanatul Ummah Pacet Mojokekrto Jawa Timur, Senin (8/7/2019). foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pro-kotra tentang boleh tidaknya meninggalkan salat Jumat karena virus corona mendapat tanggapan Prof Dr Alwi Shihab. Menurut dia, kita boleh meninggalkan salat Jumat dalam kondisi emergensi virus corona atau covid-19 seperti sekarang. Alasannya, untuk menghindarkan diri dari bahaya atau malapetaka.

Alwi mengakui, belakangan ini ada pernyataan dari guru-guru kita yang menganggap tak perlu takut kepada virus corona, tapi takutlah kepada Allah SWT. Menurut Alwi, pernyataan itu benar.

“Tak ada salah dalam pernyataan itu,” tegas Alwi dalam keterangan persnya yang diterima BANGSAONLINE.com, Sabtu (21/3/2020).

Tapi, kata Alwi, sedikit keliru ketika pernyataan itu disandingkan, antara takwa dengan tidak menghiraukan bahaya (virus corona). Menurut dia, dalam al-Quran banyak anjuran agar kita menghindarkan diri dari bahaya kebinasaan.

Karena itu, Alwi yang dikenal sebagai cendekiawan muslim itu mengajak masyarakat beragama secara akal sehat. Menurut dia, dalam ajaran al-Quran jelas disebutkan: Jangan sama sekali menjerumuskan diri dalam kebinasaan.

Alwi mengungkapkan, jika kita teliti, al-Quran banyak sekali menggunakan kata-kata: afala tubshirun, tidakkah engkau melihat, tidakkah engkau tafakkur, afala tatafakkarun, tidakkah engkau tadabbur, melakukan penelitian.

“Ada salah satu hadist yang berbunyi, apabila engkau hendak mendapatkan kebaikan, maka ikutilah tuntunan agama, tapi menggunakan akal sebagai pertimbangan. Sehingga ada ungkapan, laa dina liman laa aqla lah. Tidak sempurna agama seseorang, kalau tidak menggunakan akalnya dalam menghayati ajaran-ajaran al-Quran,” kata Alwi Shihab yang secara garis nasab masih keturunan Rasulullah SAW tapi enggan dipanggil Habib itu.

Alwi mengatakan para tokoh utama dan ulama di Mesir sudah memberi fatwa. Mereka memperbolehkan meninggalkan salat Jumat untuk menghindari penularan virus corona. Adik kandung Prof Dr Quraisy Shihab itu juga mengajak masyarakat agar mencermati kembali peristiwa wabah penyakit yang pernah menimpa masyarakat pada era Rasulllah SAW. Menurut dia, saat itu Rasulullah SAW minta masyarakat agar tidak bepergian ke wilayah yang sedang terserang wabah. Begitu juga sebaliknya. Rasulullah SAW minta agar masyarakat yang berada di wilayah wabah itu jangan sampai keluar dari wilayah tersebut agar virusnya tak menyebar.

Menurut Alwi, peristiwa pada zaman Nabi Muhammad itu bisa dianalogikan dengan anjuran pemerintah saat ini agar menghindari kerumunan dan lebih banyak berada di rumah. Karena, sudah banyak sekali korban di Cina, Italia, Iran, dan negara-negara lain.

Alwi juga mengingatkan kasus aktual yang terjadi di Mesir tiga hari lalu. Menurut Alwi, ada seorang guru bernama Muhammad Salim di Mesir. Guru tersebut, kata Alwi, selama ini selalu menyatakan, kita tak perlu takut kepada virus corona. Virus itu akan hilang sendiri. Kita harus takut kepada Allah SWT.

Tapi apa yang terjadi kemudian? Ternyata Muhammad Salim itu mati terserang virus corona. Bahkan anaknya juga ikut tertular. Peristiwa ini, tutur Alwi, sekarang menjadi berita besar di Mesir.

“Maka itu, di Mesir sekarang (peristiwa) itu menjadi pelajaran, hendaknya kita menghindarkan diri dari malapetaka. Jangan sampai ikut bersama orang-orang yang tidak menggunakan nalarnya, tidak menggunakan akal sehatnya,” tegas Menlu RI para era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu. (m mas’ud adnan

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...