Sabtu, 06 Juni 2020 21:33

Meski Marak Corona, Pasar, Swalayan, dan Minimarket di Tuban Tetap Buka

Kamis, 19 Maret 2020 13:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Meski Marak Corona, Pasar, Swalayan, dan Minimarket di Tuban Tetap Buka
Agus Wijaya, Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya menegaskan pasar tradisional, swalayan, dan minimarket di bumi wali tetap buka seperti biasanya meski saat ini sedang marak virus corona. Hanya saja, pihak pengelola diminta meningkatkan kewaspadaan.

"Sampai saat ini penutupan pasar tradisional karena Covid-19 itu tidak benar alias hoax," ujar Agus Wijaya saat dikonfirmasi, Kamis (19/3). Kata dia, penutupan pasar tidak akan dilakukan, kecuali jika ada kondisi mendesak atau instruksi dari bupati.

Sedangkan, untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya telah memberikan surat edaran yang harus dipatuhi oleh seluruh pengelola pasar, swalayan, dan atau minimarket.

Melalui Surat Edaran bernomor 443/1649/414.108/2020 tentang Upaya Peningkatan Kewaspadaan Kegiatan Perekonomian tersebut, pengelola pasar, swalayan, dan atau minimarket diminta menyediakan tempat cuci tangan dan alat pendeteksi suhu badan.

Selain itu, masyarakat juga diimbau tidak melakukan pembelanjaan yang berlebihan, apalagi menimbun barang kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya.

"Bagi pelaku industri kecil dan menengah yang proses produksinya menggunakan tenaga kerja agar menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun. Tidak hanya itu, bagi pekerja yang diketahui sakit flu atau batuk agar memakai masker atau beristirahat di rumah dan memeriksakan diri," bebernya.

Ia menegaskan, Surat Edaran tersebut bersifat mengikat dan wajib ditaati. Surat Edaran itu akan mulai diedarkan ke 69 Pasar Tradisional dan 54 toko modern yang tercatat di Kabupaten Tuban.

Sebelumnya, Pemkab Tuban telah bergerak cepat melakukan pencegahan virus corona (Covid-19) dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pembentukan Gugus Tugas itu menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur.

Masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lanjut terkait virus corona di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Jl. Brawijaya no. 3 Tuban, atau menghubungi Call Center 119 ext 9 atau 082 167 119 119. Perkembangan informasi Covid-19 juga dapat diakses melalui covid19.tubankab.go.id. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...