Jumat, 05 Juni 2020 16:18

Sumur Pertamina EP Asset-4 Field Cepu Keluarkan Semburan Air, Pertanian Warga Terdampak

Kamis, 19 Maret 2020 00:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Sumur Pertamina EP Asset-4 Field Cepu Keluarkan Semburan Air, Pertanian Warga Terdampak

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Semburan air bercampur lantung (minyak mentah) terjadi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, tepatnya di titik Sumur KWG 36-T yang dikelola PT. Pertamina Asset-4 Field Cepu.

Semburan air itu terjadi saat operator melakukan kegiatan servis atau pemeliharaan sumur pada Rabu (18/3/20), sekitar pukul 10.00 WIB. Air bercampur minyak mentah keluar dari titik sumur dan mengalir menuju ke lahan pertanian serta ladang yang ditanami pohon jati.

"Titik akhir air mengalir ke sungai yang berada di Dusun Ngudal dan Dusun Kedungrejo. Tidak ada korban dalam peristiwa ini," ujar Kepala BPBD Bojonegoro Nadif Ulfia.

BPBD Bojonegoro sempat turun tangan mendatangi lokasi. Namun tak berselang lama semburan air berhasil diatasi oleh petugas dari Pertamina. Dampak yang ditimbulkan semburan tersebut, yaitu lahan pertanian dan tanaman jati. "Jumlah yang terdampak masih kita rekap," jelas Nadif.

Terpisah, Public and Relations Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Angga Aria, mengklaim munculnya semburan air bercampur lantung itu pertanda sumur KWG 36-T menunjukkan adanya cadangan minyak yang banyak.

"Kejadian tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya flowing di sumur KW 36-T, potensi minyak masih ada. Hal itu ditunjukkan dengan masi tingginya tekanan dari dalam, sehingga minyak mengalir," jelas Angga.

Pasca terjadinya semburan, pihaknya akan melakukan pemantauan secara terus menerus dan akan meng-update informasinya secara berkala kepada seluruh stakeholder terkait.

"Saat ini telah ditangani oleh tim Pertamina EP Asset 4 Cepu Field. Dan kami telah lokalisir area yang terdampak dari luberan cairan yang keluar dari dalam sumur KWG 36-T," jelas Angga sapaan akrabnya.

Dia menambahkan, untuk sementara waktu pekerjaan servis di Sumur KWG 36-T dihentikan sambil dilakukan observasi untuk memastikan sumur aman untuk dilanjutkan pekerjaan kembali.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...