Puluhan Mahasiswa di Bangkalan Demo Kantor Disdik Tuntut Pelaku Penyimpangan PIP Dipecat

Puluhan Mahasiswa di Bangkalan Demo Kantor Disdik Tuntut Pelaku Penyimpangan PIP Dipecat Forum Komunikasi Mahasiswa Geger (FKMG) saat menggelar aksi di depan Kantor Disdik.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Forum Komunikasi Mahasiswa Geger (FKMG) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan, Senin (16/3/2020). Mereka meminta agar Kepala Disdik Bambang Budi Mustika tegas menindak dugaan penyimpangan dana Program Indonesia Pintar (PIP).

"Pendidikan bukan ladang bisnis, keadaan kita ke sini ini dengan bukti yang jelas," seru salah satu peserta aksi.

Dalam kesempatan ini, peserta aksi meminta Kepala Disdik melakukan tindakan tegas dengan memecat semua oknum kepala sekolah dan Korwil se-Kecamatan Geger yang melakukan penggelapan dana Program Indonesia Pintar (PIP).

"Jika, kepala dinas tidak memenuhi tuntutan kami, maka kami yang akan menuntut balik Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan untuk mundur dari jabatannya," tambah peserta aksi.

Bahkan, mereka menuding adanya pencairan PIP fiktif. Modusnya, siswa yang sudah lulus datanya diaktifkan kembali hanya untuk mencairkan dana PIP.

Terkait tuntutan mahasiswa, Bambang Budi Mustika mengklaim pihaknya sudah sering melakukan sosialisasi penggunaan PIP kepada elemen terkait.

Ia berjanji akan memberikan tindakan tegas, apabila ditemukan kepala sekolah dan Korwil Kecamatan Geger yang melakukan tindakan penyalahgunaan dana PIP. "Kasih kami waktu satu minggu untuk menyelidiki dan menyelesaikan masalah ini," pungkasnya.

Usai menggelar demo di kantor Disdik, FKMG melanjutkan aksi ke gedung DPRD. Mereka ditemui Ketua DPRD Mohammad Fahad dan anggota Komisi D Nur Hasan.

Terkait tututan mahasiswa, Nur Hasan mengatakan akan memanggil Disdik, untuk memastikan dugaan penyimpangan dana PIP. (uzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO