Jumat, 03 Juli 2020 01:15

Heboh Postingan Prediksi Tentang Virus dari Cina, Polisi Minta Pemilik Akun Beri Klarifikasi

Kamis, 12 Maret 2020 16:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Heboh Postingan Prediksi Tentang Virus dari Cina, Polisi Minta Pemilik Akun Beri Klarifikasi
Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela saat memberikan keterangan terkait viralnya postingan yang berisi prediksi munculnya virus di awal tahun 2020, Kamis (12/3/2020).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Warga Blitar dihebohkan dengan munculnya postingan terkait prediksi penyebaran virus dari Cina. Postingan itu diunggah akun "Eka Pras".

Bunyinya:

"awal tahun 2020 nanti akan ada virus dari China, menyerang hampir 1/3 manusia di bumi. Percaya silahkan, tidak juga gapapa".

Yang membuat heboh, pernyataan itu diunggah 31 Desember 2016 atau empat tahun sebelum heboh virus Corona. Unggahan yang viral sejak Selasa (10/3/2020) mendapat respons dari pihak kepolisian. Tim Cyber Crime Satreskrim Polres Blitar Kota langsung melakukan penelusuran dan mencari pemilik akun.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, pihaknya kemudian memanggil pemilik akun untuk dimintai klarifikasi. Dari hasil klarifikasi, pemilik akun mengaku telah mengedit postingannya. Dengan cara, postingan lama diubah kalimatnya.

"Beberapa waktu lalu, beredar unggahan di media sosial terkait prediksi mengenai virus dari Cina yang kemudian menjadi viral. Kami kemudian menyelidiki siapa pemilik akun ini. Setelah kami temukan pemiliknya, kami undang ke Polres Blitar Kota, kemudian kami minta untuk klarifikasi," terang Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, Kamis (12/3/2020).

Saat ditanya apakah pemilik akun bisa dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) AKBP Leonard menegaskan jika pemilik akun dimintai klarifikasi dalam rangka proses penyelidikan.

"Jadi kita belum penyidikan. Kita respons dulu karena sudah terlanjur viral. Dugaanya memang penyebaran berita tidak benar atau hoax, namun kita akan lakukan pemeriksaan lebih lanjut," ungkapnya.

Ditemui usai dimintai klarifikasi, pemilik akun Eka Prasetya mengaku memang sengaja mengedit postingannya. Tujuanya hanya untuk bercanda dengan teman-temannya.

"Ya sebenarnya buat bercanda saja, saya juga minta maaf karena sudah memberikan informasi yang bohong dan itu memang benar saya edit," kata Eka.

Eka tidak menyangka dan tidak mengetahui jika postingannya bakal viral. Usai mengedit postingan di akun facebook pribadinya, Eka mengaku tidak membuka facebook. Dia baru mengetahui postingannya viral dari tetangganya.

"Setelah saya edit dan saya posting, saya gak buka FB. Besoknya baru dikasih tahu tetangga kalau postingan saya viral dibagikan ke mana-mana," ujarnya. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Rabu, 01 Juli 2020 09:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan al...