Kamis, 28 Mei 2020 05:26

Dirut Petrokimia Gresik Berharap Mahasiswa PMMB Bisa Bantu Program Solusi Agroindusri

Kamis, 12 Maret 2020 16:40 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Dirut Petrokimia Gresik Berharap Mahasiswa PMMB Bisa Bantu Program Solusi Agroindusri
Dirut Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi bersama jajaran direksi dan mahasiswa peserta PMMB 2020. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Direktur Utama (Dirut) PT. Petrokimia Gresik (PG) berharap para mahasiswa dari perwakilan berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang ikut Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) bisa bisa membantu menularkan program solusi agroindusri Petrokimia.

Hal itu diungkapkan Rahmad Pribadi saat membuka PMMB 2020, di Wisma Kebomas, Rabu (11/3).

PMMB tahun ini dibuka oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi dan dihadiri Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Idha Widi Arsanti, di Wisma Kebomas.

Rahmad Pribadi mengatakan, program ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementan dengan Direktur Utama Petrokimia Gresik, yang disaksikan langsung oleh Menteri Pertanian RI, Amran Sulaeman, pada 4 Oktober 2019 lalu di Tangerang. 

"Petrokimia Gresik memiliki komitmen untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan calon tenaga kerja yang berkompeten dan bersertifikat. Salah satunya melalui PMMB untuk Polbangtan Kementerian Pertanian dan Politeknik Negeri Lampung," ujar Rahmad.

Rahmad menjelaskan, PMMB periode Maret-Agustus 2020 ini akan fokus pada penyiapan skill pemasaran dan penjualan untuk mengasah insting peserta yang mayoritas berasal dari jurusan penyuluh pertanian berkelanjutan, sebagai calon-calon pelaku ataupun pekerja di sektor agroindustri. 

"Untuk itu, kami akan langsung menerjukan peserta PMMB ke wilayah pemasaran Petrokimia Gresik di seluruh Indonesia dan akan dibimbing langsung oleh Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP)," terang Rahmad.

Dalam PMMB ini, seluruh peserta akan menerima work plan yang harus dikerjakan selama menjalani magang di lapangan, di antaranya melakukan penyuluhan terhadap petani, melakukan sosialisasi produk, serta terlibat aktif dalam kegiatan promosi.

Dengan bimbingan SPDP, diharapkan peserta dapat memahami langsung tugas dan peran SPDP dalam menyukseskan target penjualan perusahaan. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat menunjang program Nawa Cita Presiden dan Sinergi BUMN untuk berkontribusi dalam pengembangan SDM Indonesia Unggul terutama dalam menghadapi persaingan global," katanya.

Selain PMMB, di saat bersamaan Petrokimia Gresik juga menggelar Program Magang Regular untuk Polbangtan Manokwari, yang diikuti oleh 30 peserta yang dilaksanakan selama 3 bulan, yakni April hingga Juni 2020.

Rahmad mengatakan, program ini sejalan dengan program pemerintah dalam peningkatan SDM daerah Indonesia wilayah timur.

Sebagai perusahaan solusi agroindustri untuk pertanian berkelanjutan, Petrokimia Gresik memandang pentingnya mengembangkan kemampuan calon tenaga kerja terampil, guna menjamin masa depan agroindustri dan masa depan perusahaan. 

"Karena itu, Petrokimia Gresik berkomitmen dalam mendukung terciptanya SDM unggul dibidang agroindustri," terangnya. 

"Untuk itu, saya minta para peserta gali semaksimal mungkin informasi. Apa yang perlu ditanyakan ditanyakan," pungkasnya.

PMMB yang juga dihadiri Kepala Pusat PendidikanPertanian Kementerian Pertanian (Kementan), Idha Widi Arsanti, diikuti oleh 41 peserta dari enam Politeknik, antara lain Politeknik Negeri Lampung, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta, Magelang, Polbangtan Malang, Polbangtan Bogor, Polbangtan Gowa, dan Polbangtan Medan. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...