Pertama Kalinya, Kota Mojokerto Sebagai Tempat Pelatda PODSI 2020

Pertama Kalinya, Kota Mojokerto Sebagai Tempat Pelatda PODSI 2020 Wali Kota Mojokerto Ika Puspitsari bersama Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakaria dan Ketua PODSI Jawa Timur sekaligus Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin meninjau lokasi di Jembatan Rejoto, Pulorejo.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Untuk pertama kalinya, Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) 2020, akan diselenggarakan di . Hal ini, disambut baik oleh Wali Ika Puspitsari bersama Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakaria, saat bertemu dengan Ketua PODSI Jawa Timur sekaligus Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin, di Jembatan Rejoto, Pulorejo, Rabu 11 Maret 2020.

Tahun ini, berbagai event bergengsi milik Pemerintah akan diselenggarakan. Selain peringatan Hari Air yang dikemas dalam Festival Mojotirto, kota terkecil di Indonesia ini akan menjadi tuan rumah tempat pemusatan latihan daerah persatuan olahraga seluruh Indonesia 2020. Untuk itu, Ning Ita dan Cak Rizal, sapaan akrab wali kota dan wakil wali kota, meninjau lokasi acara bersama Ketua PODSI Jatim.

Dalam peninjauan ini, turut hadir Sekretaris Umum Pengprov PODSI Jatim sekaligus Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal V Letkol Laut (T) Bagus Arianto, Penasehat PODSI Supriyadi Karima Saiful, Ketua KONI Santoso Bekti Wibowo, segenap pengurus PODSI dan para kepala OPD.

Peninjauan yang dilakukan oleh rombongan, meliputi pengecekan kondisi debit dan kedalaman air sungai, fasilitas penunjang seperti dermaga hingga Gedung Diklat sebagai tempat singgah para atlet selama latihan.

"Seperti tahun sebelumnya, Hari Air di dikemas dalam Festival Mojotirto. Di mana pada event ini, kami memberikan tampilan kesenian tradisional, budaya hingga kuliner. Mulai dari melarung tujuh sumber mata air, penebaran benih ikan, sebagai wujud syukur atas limpahan air yang sepanjang tahun tidak pernah berkurang. Dan pada 2020 ini, ada tambahan event baru. Kami dipercaya sebagai tuan rumah Pelatda PODSI. Ini pertama kalinya menjadi tempat Pelatda PODSI," jelas Ning Ita.

Sementara itu, Ketua PODSI Jatim Laksamana Pertama TNI Edwin menjelaskan, pemilihan sebagai tempat pemusatan latihan daerah persatuan olahraga seluruh Indonesia 2020, tidak lain karena potensi sumber daya alam dan manusia di kota ini, sangat sempurna. Terlebih, kebersihan sungai di sepanjang Kali Ngotok, terjaga dengan baik. Potensi inilah, yang menjadi salah satu pertimbangan menjadi tuan rumah Pelatda PODSI selanjutnya.

"Alhamdulillah, Allah itu memberikan alam yang sangat baik di Mojokerto. Kami melihat aset ini, sebagai konteks kemanfaatan bagi olahraga perairan khususnya . Untuk , kami hanya membutuhkan dua setengah kilometer, tapi di sini tersedia lebih dari empat kilometer. Potensi ini, sangat bagus untuk latihan . Dan mudah-mudahan ini bisa mengangkat animo generasi muda, untuk berprestasi. Tidak hanya di tingkat daerah tapi internasional, karena banyak atlet Jatim sudah berprestasi di internasional," tegasnya.

Di bawah kepemimpinan Ning Ita dan Cak Rizal, dikembangkan sebagai Kota Pariwisata. Dari waktu ke waktu, berbagai perubahan telah dilakukan. Setelah sukses meremajakan Wisata Pemandian Sekarsari dan Tower Tribuana Tungga Dewi sebagai ikon baru, tahun ini bantaran Sungai Ngotok akan dimanfaatkan sebagai destinasi Wisata Bahari Majapahit. Bersebelahan dengan Jembatan Rejoto, nantinya akan dibangun Taman Budaya yang lengkap dengan amfiteater, sekaligus wisata air. (ris/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO