Relawan PMI Simulasi 'Sigap Evakuasi Korban' di Surabaya

Relawan PMI Simulasi Relawan PMI saat simulasi pemadaman api di balai kota Surabaya. foto: harian bangsa

SURABAYA (BangsaOnline) - Akvitas di Balai Kota Surabaya yang semula berlangsung seperti biasa, mendadak berubah mencekam. Asap mendadak mengepul dari lantai II gedung sebelah timur. Penyebabnya diduga karena korsleting arus listrik. Situasi itu membuat petugas Linmas yang sedang bertugas, langsung sigap menolong beberapa pegawai yang terjebak di lokasi. Tak lama kemudian, mobil pemadam kebakaran tiba diikuti mobil ambulan Palang Merah Indonesia ().

Petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya dan Satlak Penanggulangan Bencana Kota Surabaya dengan cekatan berusaha memadamkan api. Sementara relawan membantu melakukan evakuasi beberapa korban lantas diberikan perawatan. Begitu api berhasil dipadamkan dan semua korban bisa dievakuasi, tepuk tangan langsung membahana. Termasuk tepuk tangan dari Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dan beberapa kepala SKPD Pemkot Surabaya yang menyaksikan langsung evakuasi tersebut.

Aksi penyelamatan korban kebakaran di Balai Kota Surabaya tersebut merupakan bagian dari demo simulasi tanggap bencana dalam rangka peringatan Hari Relawan yang digelar di Taman Surya, Selasa (23/12). Hadir sebagai inspektur upacara peringatan Hari Relawan , Ketua Jawa Timur, .

Setelah pelaksanaan simulasi, didampingi Walikota Tri Rismaharini memberikan penghargaan kepada relawan terbaik. mengapresiasi kesigapan relawan dalam memberikan pertolongan medis kepada korban bencana seperti yang ditunjukkan dalamproses evakuasi korban.

“Sudah bagus. Satu-satunya yang punya seperti ini baru Surabaya. Selamat untuk para relawan ,” ujar .

Mantan Gubernur Jawa Timur (periode 1998-2003, 2003-2008) ini juga mengingatkan akanpentingnya mengecek peralatan sebelum dipakai untuk melakukan penanganan bencana. Semisal ada alat baru, relawan harus terlebih dulu mengecek operasionalnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO