Pasuruan Masih Belum Bebas Desa Kumuh

Pasuruan Masih Belum Bebas Desa Kumuh

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab terus berupaya bebas dari desa/kota kumuh. Untuk mewujudkan hal ini, program pembangunan di wilayah yang statusnya masuk desa/kota kumuh disiapkan.

Untuk diketahui, ada 17 desa kumuh yang tersebar di 7 kecamatan di sesuai dengan data dari Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan (RP2KPKP) tahun 2017. Yakni kecamatan Beji di Desa Kedungringin dan Kedungboto, Kecamatan Bangil di Desa Kalianyar, Desa Tamba’ak, Desa Masangan.

Kemudian Kecamatan Nguling di Desa Mlaten, Desa Tanggul; Kecamatan Kraton di Desa Asemkandang, Desa Kalirejo, Desa Bendungan, Desa Selotambak, Desa Curahdukuh; Kecamatan Pohjentrek 2 desa, dan Kecamatan Lekok 2 desa.

Menurut keterangan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Ahmad Habibi yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Kamis (27/2), penetapan desa kumuh disebabkan banyak faktor. Misalnya, tidak ada jaringan akses jalan yang cukup, tak ada sarana air minim yang memadai, pengelolaan limbah yang belum maksimal, juga tak ada pengelolaan sampah.

Ia mengungkapkan, upaya pemerintah Kabupaten untuk mengentaskan status desa kumuh sudah dilakukan sejak tahun 2019 kemarin melalui beberapa program pembenahan infarstruktur secara bertahap. Di antaranya pembangunan drainase, penyedian air bersih, pengelolaan limbah rumah tangga.

"Tahun ini sudah dianggarkan miliaran rupiah untuk pembangunan drainase, pipanisasi, juga program bantuan jamban kepada masyarakat. Kita menargetkan tahun 2023 nanti jumlah status desa Kumuh sudah tidak ada lagi," jelasnya. (bib/par)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO