Deklarasi Perkawis, Pegiat Lingkungan akan Tanam 1.000 Pohon

Deklarasi Perkawis, Pegiat Lingkungan akan Tanam 1.000 Pohon Budiman (pegang bibit pohon) dan para pegiat lingkungan saat aksi tanam pohon di lembah Tretes, lereng Wilis. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para pegiat lingkungan di kawasan Wilis berkomitmen menjaga kelestarian kawasan tersebut. Mereka akan mendeklarasikan Pelestari Kawasan Wilis (Perkawis) di Dusun Kalibago, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, 29 Februari - 1 Maret 2020.

Pegiat lingkungan Wilis meliputi Kediri, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, Trenggalek, dan Tulungagung. Kawasan akan dijaga sebagai benteng ketahanan ekologi, ketahanan bencana dan ketahanan ekonomi.

Budiman, salah satu penggagas acara, menjelaskan, selain mendeklarasikan Perkawis di Kabupaten Kediri, pihaknya juga akan menggelar sarasehan budaya dan kemah pelestarian.

"Puncak acara akan kami isi dengan aksi tanam pohon. Ada sekitar 1.000 pohon yang akan ditanam, seperti pohon aren, beringin dan asem," kata Budiman, Rabu (26/2/2020).

Menurut Budimam, aksi tanam pohon ini tidak hanya dilakukan di Kediri saja, melainkan juga dilakukan di Tulungagung dan Trenggalek serta daerah lain yang masuk kawasan Wilis.

Simak berita selengkapnya ...