Demo Tagih Janji DLH Bangkalan, Warga Socah Ancam Tutup TPA Desa Buluh

Demo Tagih Janji DLH Bangkalan, Warga Socah Ancam Tutup TPA Desa Buluh Puluhan warga Socah saat menggelar aksi ke kantor DLH untuk menuntut penyelesaian dampak yang ditimbulkan dari TPA Buluh.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah warga Socah yang mengatasnamakan diri Forum Komunikasi Pemuda Socah (FKPS) menggelar aksi demo di depan kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kamis (20/2/20).

Kedatangan mereka untuk menagih penyelesaian masalah yang ditimbulkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Buluh. Di antara tuntutan peserta aksi adalah meminta agar DLH menunjukkan izin legalitas dari TPA di Desa Buluh. 

Oktavian Ismail, koordinator aksi mengatakan dampak dari pembuangan sampah sangat meresahkan masyarakat. Pasalnya, sampah hanya dibuang dan dibakar tanpa ada pengolahan. Hal ini menimbulkan aroma tidak sedap dan lalat di permukiman warga ketika memasuki musim penghujan.

"Kami sudah menanyakan kepada pihak kepala desa dan kecamatan, semuanya tidak memiliki surat izin untuk TPA di Desa Buluh. Makanya kedatangan kami disini ingin menuntut hal itu. Kalau DLH tidak bisa menunjukkan, Jumat (21/2) besok akan kami tutup TPA," ujarnya.

FKPS meminta ketegasan dari pihak DLH. Sebab, selama ini warga sudah beberapa kali melakukan aksi seperti ini, namun tidak pernah ada tindak lanjut. "Adanya hanya janji-janji. Mulai janji kerja sama dengan Jepang, penambahan buldozer, tapi sampai sekarang tidak ada perubahan apapun," ungkapnya.

Sementara Joni Artiono, Sekretaris DLH yang menemui massa menegaskan bahwa TPA Desa Buluh sudah memiliki izin. Hanya saja, ia mengaku belum bisa memberikan kepada peserta aksi karena masih dicari.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO