FKBS Perjuangkan Kota Batu Raih SSW Tatanan Kelima

FKBS Perjuangkan Kota Batu Raih SSW Tatanan Kelima Pengurus FKBS foto bersama dengan pimpinan DPRD Kota Batu usai audiensi, Jumat (14/2).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tahun ini, Forum Sehat (FKBS) bertekad memperjuangkan meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda (SSW), salah satu penghargaan untuk kota sehat tingkat nasional tatanan ke-5, yaitu untuk Kawasan Sarana Lalu lintas Tertib dan Layanan Transportasi.

Sebelumnya, telah mendapatkan Penghargaan Swasti Saba Padapa untuk 2 tatanan yakni Pemukiman, Sarana/Prasarana Sehat, dan Tatanan Hidup Sehat Mandiri pada tahun 2017 dan penghargaan Swasti Saba Wiwerda untuk dua tambahan Tatanan berikutnya, yakni Pariwaisata Sehat dan Ketahanan pangan dan Gizi pada September 2019 dari Mendagri RI.

“Ya, tahun ini FKBS akan memperjuangkan meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda untuk tatanan ke-5. Kami akui untuk mencapai ini tidak mudah, karena dikenal macet,  terutama saat hari libur. Karena itu butuh dukungan dan kerja sama semua pihak. OPD terkait, masyarakat dan swasta," ujar Salma Safitri, S.H., Ketua Forum Sehat, seusai audiensi dengan pimpinan DPRD di gedung dewan, Jumat (14/2).

Dalam pertemuan itu, FKBS menyampaikan kepada pimpinan dewan bahwa sebagai Kota Wisata, maka problem seperti sampah yang menyertai juga perlu solusi komprehensif. Forum Sehat mendorong Pemerintah kota Batu mencanangkan Batu sebagai Kota yang masyarakatnya melakukan pilah sampah dan olah sampah mandiri.

Artinya hanya sampah residu yang dikirim ke TPA Tlekung. Sedangkan sampah Organik dan non organik sudah habis dipilah dan diolah di tingkat Desa.

“Perlu dukungan Pemkot untuk mendukung Kota Sehat, setidaknya dengan Sarana dan prasarana kerja, seperti tenlat kerja yang cukup representatif. Forum Kota Sehat ingin memiliki Co-Working Space yang di dalamnya dapat digunakan sebagai sarana pendidikan lingkungan hidup. Ada pengolahan sampah mandiri juga sayur organik sebagai tempat percontohan," ujar Salma Safitri.

Nurochman, S.H., sependapat menanggapi hal tersebut. Menurutnya, memang perlu diadakan FGD dengan OPD terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup untuk menyelesaikan masalah sampah secara komprehensif. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO