Selasa, 31 Maret 2020 22:58

Pangarmada II Buka Operasi Gaktib dan Yustisi Gabungan Polisi Militer TNI Tahun 2020

Jumat, 14 Februari 2020 14:09 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afrianti
Pangarmada II Buka Operasi Gaktib dan Yustisi Gabungan Polisi Militer TNI Tahun 2020

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Operasi Penegakan Ketertiban (Opsgaktib) dan Yustisi Gabungan Polisi Militer (POM) TNI Tahun 2020 di Wilayah Kogartap III/Surabaya, dibuka secara resmi oleh Panglima Komando Armada (Pangarmada) II Laksda TNI Heru Kusmanto pada upacara di Dermaga Madura Ujung, Surabaya, Jumat (14/02).

Upacara Opsgaktib diawali penyematan tanda Operasi Gaktib dan Yustisi pada perwakilan prajurit penegak disiplin dari POM TNI AD, AL, dan AU oleh Panglima. Dilanjutkan dengan pengucapan tekad, untuk patuh terhadap hukum dan disiplin memerangi penyalahgunaan narkoba dan meniadakan segala bentuk pelanggaran prajurit.

Kurang lebih 1.000 personel menjadi bagian dari pasukan upacara. Mereka terdiri dari personel gabungan Polisi Militer dari POM TNI AD, AL dan AU. Juga personel dari Kogartap III/Sby, Polda Jatim, serta gabungan personel Satpol PP, Dishub dan Kesbangpol Linmas Pemkot Surabaya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Irup mengungkapkan, jika salah satu ciri dari profesionalitas TNI adalah disiplin yang tinggi. Dimana salah satu upaya memeliharanya, yakni melalui gelar operasi penegakan ketertiban dan operasi yustisi.

“Pelaksanaan operasi gaktib dan operasi yustisi harus dikembangkan kearah peningkatan profesionalitas petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi,”ujar Hadi-sapaan akrab Panglima TNI ini.

Pada bagian lain Laksda Heru-sapaan akrab Pangarmada II menyampaikan, operasi akan dilaksanakan dalam beberapa tahap diantaranya sosialisasi, tindakan preventiv, patroli rutin diwilayah rawan serta tahap represif dan sasaran operasi ini adalah meningkatkan disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum prajurit TNI baik perorangan maupun kesatuan.

“Yang utama yakni mewujudkan kehidupan prajurit TNI yang bebas narkoba dan barang-barang terlarang lainnya,” jelas Heru.

Heru menambahkan, tempat-tempat tertentu yang rawan terjadi penyalahgunaan narkoba, psikotropika dan juga terjadinya keributan menjadi prioritas ops gaktib dan yustisi polisi militer dalam setiap tahapan operasi mereka sepanjang tahun 2020 juga mewujudkan netralitas TNI dalam Pilkada 2020.

Tampak hadir pada kegiatan ini Dankogartap III/Surabaya, Dankodiklatal, Gubernur AAL, Pangdivif 2 Kostrad, Kaskoarmada II, Kaskogartap III/Surabaya, Danlantamal V, Dan STTAL, Danpasmar 2, Danpuspenerbal, Danguspurla Koarmada II, Dankodikopsla, Karumkital Dr. Ramelan, Kadispsial, Danlanud Abd. Saleh, Danlanud Iswahyudi, Kabinda Jatim, Kakanwil Kemhan Jatim serta para pejabat utama Koarmada II. (dev/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...