Kamis, 02 April 2020 22:33

Warga Kepulauan Sumenep Dapat Fasilitas Rumah Singgah

Kamis, 13 Februari 2020 20:50 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Warga Kepulauan Sumenep Dapat Fasilitas Rumah Singgah
Wabup Sumenep Achmad Fauzi saat meresmikan Rumah Singgah di Perumahan Bumi Sumekar, Kamis (13/02/20).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, S.H. sangat mendukung keberadaan rumah singgah bagi masyarakat kepulauan sebagai tempat sementara bagi warga yang tidak memiliki tempat atau rumah di daerah daratan.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep ikut membantu menyediakan rumah singgah yang berlokasi di Perumahan Bumi Sumekar Asri Nomor 11, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep.

“Keberadaan rumah singgah ini sangat penting bagi warga kepulauan yang tidak memiliki rumah di daratan untuk tempat beristirahat sementara waktu, sehingga saya sebagai warga Kabupaten Sumenep membantu menyediakan rumah itu,” kata Wakil Bupati pada Peresmian Rumah Singgah di Perumahan Bumi Sumekar, Kamis (13/02/20).

Keberadaan rumah singgah warga kepulauan itu, sejatinya hasil aspirasi masyarakat, khususnya mahasiswa Kepulauan Sapeken yang menginginkan ada rumah penampungan sementara. Harapannya, rumah itu untuk membantu masyarakat yang tidak bisa pulang ke kepulauan akibat ada kendala atau hambatan. Seperti tidak ada transportasi laut beroperasi menuju ke kepulauan akibat cuaca buruk, ataupun ada persoalan lainnya.

“Beberapa waktu lalu, Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenep (Himpas) melalui Rumah Aspirsi (RuAs) Pemuda Sumenep, menyampaikan kepada saya, kalau mereka membutuhkan rumah singgah, guna membantu masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan, sebelum merealisasikan rumah singgah itu, meminta kepada Himpas untuk menyusun konsep programnya, agar keberadaannya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat kepulauan yang membutuhkan tempat singgah.

“Setelah mereka menyerahkan program rumah singgah, ternyata sangat positif, sehingga saya sebagai warga Kabupaten Sumenep secara pribadi langsung merespons untuk membantu menyediakan rumah singgah itu,” papar Achmad Fauzi.

Ia berharap, pengelola rumah singgah benar-benar menjalankan programnya, supaya berefek positif bagi masyarakat kepulauan. Bahkan jika perkembangannya berjalan baik, akan menjadi dasar masyarakat untuk mengajukan program pembangunan rumah singgah kepada Pemerintah Daerah. 

Manakala rumah singgah ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, tentu saja lebih mudah mengajukan program rumah singgah, karena usulannya bukan sebatas aspirasi atau kebutuhan di atas kertas, namun konsep dan impelentasinya sudah jelas,” pungkasnya.

Sementara penanggung jawab rumah singgah warga kepulauan, Fajrullah mengungkapkan, tempat ini menjadi salah satu solusi warga kepulauan yang membutuhkan tempat beristirahat sementara waktu, bahkan di tempat itu juga membantu masyarakat yang membutuhkan informasi, sehingga keberadaannya multi fungsi.

“Keberadaan rumah singgah ini berkat dukungan penuh Wabup Achmad Fauzi bekerja sama dengan pihak lain, seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Dinas Sosial,” terangnya. (aln/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...