Senin, 30 Maret 2020 01:15

​Komandan Al Qaida Tewas dalam Baku Tembak melawan Militer AS

Jumat, 07 Februari 2020 16:47 WIB
Editor: Choirul
​Komandan Al Qaida Tewas dalam Baku Tembak melawan Militer AS
Qassim al-Rimi, diklaim AS telah terbunuh dalam operasi militer, Kamis. foto: the guardian

BANGSAONLINE.com - Qassim al-Rimi, komandan Al Qaida untuk wilayah semenanjung Arab, diklaim telah dibunuh dalam operasi militer AS di Yaman.

Qassim al-Rimi mengaku bertanggung jawab atas penembakan di Stasiun Udara Naval Pensacola, Florida, tempat pelatihan peserta penerbangan Saudi. Dalam serangan itu, tiga pelaut Amerika tewas.

Donald Trump mengonfirmasi, operasi militer di Yaman menewaskan Qassim al-Rimi, seorang pemimpin al-Qaeda yang mengaku bertanggung jawab atas penembakan mematikan tahun lalu. Departemen Pertahanan maupun CIA tidak mengeluarkan konfirmasi resmi.

Al-Rimi adalah pendiri al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP). Afiliasi telah lama dianggap sebagai cabang jaringan global yang paling berbahaya untuk upayanya melakukan serangan di daratan AS.

Al-Rimi mengatakan dalam video berdurasi 18 menit bahwa kelompoknya bertanggung jawab atas penembakan 6 Desember di pangkalan itu. Dia menyebut penembak, perwira angkatan udara Saudi Mohammed Alshamrani, seorang "ksatria pemberani" dan "pahlawan".

Penembak melepaskan tembakan di dalam ruang kelas di pangkalan, menewaskan tiga orang dan melukai dua wakil sheriff sebelum salah satu wakil membunuhnya. Delapan lainnya juga terluka.

Pada bulan Januari, AS mengirim pulang 21 siswa militer Saudi.

Al-Rimi dianggap sebagai penerus Ayman al-Zawahiri, pemimpin Mesir dari operasi strategis al-Qaida yang diyakini berada di Pakistan.

Pada tahun 2006, al-Rimi dan anggota AQAP lainnya melarikan diri dari penjara di Yaman, lalu mengatur serangan terhadap jaringan pipa yang membawa minyak dan gas ke terminal di selatan negara itu.

Pada 2013, dalam pesan "ke negara Amerika", al-Rimi mengatakan: "Keamanan Anda tidak tercapai dengan merendahkan keamanan negara lain atau dengan menyerang dan menindas mereka."

Al-Rimi dilaporkan menjadi pemimpin AQAP setelah serangan drone 2015 yang menewaskan Nasir al-Wuhayshi.

Pada 2017, beberapa hari setelah pasukan khusus menyerang sebuah kompleks di Yaman tempat 31 warga sipil dan seorang tentara AS terbunuh, al-Rimi mencela Trump, mengatakan dalam sebuah pesan yang direkam: "Orang bodoh baru Gedung Putih menerima tamparan yang menyakitkan di seluruh dunia."

Dalam upaya untuk mencegah al-Qaeda dari mendirikan pangkalan yang aman di Yaman, AS mencatat 131 serangan (2017) dan 36 serangan (2018). Pada tahun itu, para pejabat AS mengatakan serangan drone CIA menewaskan Ibrahim al-Asiri, seorang senior Pembuat bom Qaida di balik upaya "bom pakaian dalam" dalam penerbangan pada Hari Natal tahun 2009.

Pada Januari tahun lalu, serangan AS menewaskan Jamal al-Badawi, seorang agen al-Qaida yang terkait dengan serangan di tahun 2000 terhadap USS Cole saat sedang mengisi bahan bakar di Aden.

Yaman dicengkeram perang saudara sejak 2015. Pekan lalu, Mike Pompeo, menteri luar negeri, mengatakan AS "waspada" dengan meningkatnya kekerasan baru-baru ini di Yaman.

Sumber: theguardian
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...