Sabtu, 26 September 2020 05:50

Kemenag Tuban Sosialisasi Pelaksanaan PIGPM

Senin, 03 Februari 2020 23:08 WIB
Editor: .
Wartawan: Gunawan Wihandono
Kemenag Tuban Sosialisasi Pelaksanaan PIGPM
Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid saat menyampaikan sambutan di pembukaan PIGPM.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban mengadakan acara Sosialisasi Pelaksanaan Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM) di aula kemenag setempat, Senin (3/2).

Sosialisasi itu diikuti sebanyak 45 orang berasal Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas, Kepala Satker, guru pembimbing, dan seluruh 19 CPNS.

Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid menyampaikan sosialisasi ini sangat penting untuk guru pemula yang baru pertama kali ditugaskan melaksanakan proses pembelajaran atau bimbingan dan konseling.

"Program induksi guru pemula adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran atu bimbingan bagi guru pemula pada madrasah di tempat tugasnya," ungkap Sahid.

Menurutnya, sosialisasi ini dalam rangka pembinaan dan penguatan kompetensi guru pemula, khususnya CPNS guru madrasah. Harapannya, tercipta para guru yang berkompeten di bawah lingkungan kemenag Tuban.

"CPNS itu ibaratnya masih magang, diuji layak atau tidak, dasarnya adalah Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5792 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Program Induksi Guru Pemula Madrasah," paparnya.

Ia menambahkan, sosialisasi ini sekaligus untuk mengenalkan mindset kepada CPNS. Terutama, menanamkan pemahaman yang benar dan rasa syukur yang tinggi.

"Dari pendaftar sekitar 4 juta orang, hanya sekitar 150 ribu orang yang diterima sebagai CPNS. Diharapkan CPNS mencontoh yang baik saja. Jangan sekali-kali mencontoh yang tidak baik. Guru juga tidak bisa cuti karena sudah mendapatkan libur di hari libur sekolah. Kalau mau umroh diusahakan pas libur sekolah," bebernya.

Sementara itu, Ketua Pokjawas Kemenag Tuban menjelaskan, peranan pengawas madrasah adalah bertanggung jawab dalam menjamin mutu pelaksanaan Program Induksi Guru Pemula Madrasah. Karena pengawas madrasah harus terlibat mulai saat persiapan hingga berakhirnya program induksi.

"Nanti akhir program induksi guru pemula tersebut direkomendasikan ke Kemenag Kabupaten/Kota, lalu Kemenag Kabupaten/kota menyerahkan ke Kanwil Provinsi, untuk selanjutnya Kanwil akan mengeluarkan sertifikat PIGPM bagi guru pemula CPNS atau PPPK dan PNS mutasi dari jabatan lain," jelasnya. (gun)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...