Ini Alasan DPR RI Undang Pemain Mahabharata Makan Siang

Ini Alasan DPR RI Undang Pemain Mahabharata Makan Siang Suasana dialog antara pemain Mahabharata, anggota dewan, mahasiswa, dan pers. foto: kapanlagi.com

BangsaOnline.com - Bukan tanpa alasan DPR RI mengundang para bintang untuk makan siang di gedung DPR. Karena mereka tidak sekedar makan siang, tapi juga melakukan dialog.

Di Senayan, Shaheer Sheikh dkk melakukan dialog publik bersama BKSAP dengan tema Diplomasi Budaya Melalui Pendekatan Poip Culture Pengalaman Sukses Serial .

Di Gedung DPR RI, para bintang ditemui oleh Ketua BKSAP, Dr. Hj. Nurhayato Ali Assegaf. Lalu mereka melakukan dialog di Gedung Nusantara III DPR RI.

Ajang dialog ini tidak hanya dilakukan oleh para bintang dengan para anggota DPR. Tapi juga ada budayawan seperti Taufik Rahzen, Ninik L Karim, mahasiswa dan tentu saja awak media.

Dilansir dari akun resmi DPR RI, mereka menjelaskan bahwa dialog hari ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dari para bintang serial yang sukses membius Indonesia. Dengan kemiripan budaya, seharusnya ada yang bisa ditiru oleh Indonesia dari industri hiburan India.

Dalam kesempatan itu, Shaheer Sheikh mengaku sangat bangga dan bahagia karena bisa diundang oleh anggota DPR. Ia juga bahagia karena masyarakat Indonesia memiliki keistimewaan, hangat dan penuh cinta.

Di momen yang sama, peneliti hubungan internasional Setjen DPR, Ririn menanyakan soal kebijakan pemerintah soal dukungan terhadap budaya lewat film dan drama. Pertanyaan itu kemudian dijawab oleh Shaheer Sheikh, pemeran Arjuna di serial Mahabharata.

"Masyarakat India sangat mencintai budaya India dan mereka merepresentasikan budaya India. sendiri melakukan penelitian selama bertahun-tahun sebelum akhirnya dibuat serialnya," ujar Shaheer.

Andi M. Ghalib, anggota Komisi I DPR RI yang pernah jadi Dubes Indonesia untuk India menjelaskan bahwa serial merupakan bentuk soft diplomasi. "Indonesia miliki budaya besar tapi baru kali ini DPR perhatikan soft power diplomacy seperti saat ini," kata Andi M. Ghalib.

Dengan dialog ini, DPR RI berharap bisa belajar dari kesuksesan serial India untuk memperkenalkan budaya asli ke negara lain. Dan Indonesia bisa melakukan hal yang sama untuk mempromosikan budaya asli Tanah Air.

Sumber: kapanlagi.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO