Senin, 30 Maret 2020 02:23

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Gus Sholah Wafat

Minggu, 02 Februari 2020 22:03 WIB
Editor: Tim
Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Gus Sholah Wafat
Dr. KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah).

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, bangsa Indonesia kembali kehilangan tokoh karismatik. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Dr. KH. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Sholah yang juga adik Presiden keempat RI Gus Dur, wafat, Minggu (2/2/2020) malam.

Kabar wafatnya Gus Sholah dibenarkan oleh putranya, Ipang Wahid melalui akun-akun media sosial miliknya.

"Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu," tulis Irfan Asy'ari Sudirman Wahid.

Dr. (HC) Ir. H. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Solah lahir di Jombang, Jawa Timur, 11 September 1942.

Semasa hidup, Gus Sholah dikenal sebagai seorang aktivis, ulama, politikus, dan tokoh pembela hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

Gus Sholah pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998.

Salahuddin Wahid juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Bersama kandidat presiden Wiranto, ia mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada pemilu presiden 2004. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga.

Salahuddin Wahid merupakan putra dari pasangan KH. Wahid Hasyim (ayah) dengan Sholehah (ibu). Gus Sholah adalah adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Ayahnya adalah putra dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari.

Sebelumnya, Gus Sholah menjalani perawatan di RS Harapan kita Jakarta, Minggu (2/2/20). Gus Ipang Wahid, salah satu putra Gus Sholah, menuturkan lewat WhatsAap (WA) bahwa ayahandanya dalam keadaan kritis.

Nyai Farida Salahuddin Wahid, istri Gus Sholah, juga menuturkan bahwa suaminya dalam kondisi kritis. Baik Nyai Farida maupun Gus Ipang minta bantuan doa semoga Gus Sholah dianugerahi kesembuhan. WA Nyai Farida dan Gus Ipang itu bahkan menyebar di grup-grup para kiai dan masyarakat luas sebelum disusul pernyataan wafatnya Gus Solah

Di bawah ini isi WA Gus Ipang Wahid yang diterima bangsaonline.com sebelum ayahandanya wafat:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dengan segala kerendahan hati, kami memohon keikhlasan

doa untuk Ayahanda kami Gus Solah,

yang saat ini sedang dalam keadaan kritis.

Semoga kiranya Allah SWT Yang Maha Menyembuhkan memberikan kesembuhan, kekuatan dan kesabaran serta yang terbaik bagi Beliau.

Semoga Allah SWT mencabut sakit Beliau tanpa disertai rasa sakit.

Allahuma rabbannas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi la syifa’a illa syifa’uka, syifa’an la yughadiru saqaman...

Amiinn Yaa Mujibassa’iliin .

Matur nuwun sanget.

Wasslm ww.(Ipang Wahid).

Sekadar diketahui, Gus Sholah menjalani pengobatan di rumah sakit itu sejak Jumat 31 Januari 2020. Informasinya, Gus Sholah juga sempat menjalani operasi jantung di rumah sakit tersebut.

Jenazah malam ini disalatkan di rumah Jl Tendean, Jakarta. Selanjutnya, pada Senin (3/2) pukul 10.00 WIB, jenazah akan dibawa ke Kompleks Ponpes Tebuireng Jombang untuk dimakamkan di Kompleks Pemakaman Ponpes Tebuireng. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...