Wadahi Penggemar Burung Puter, Pengurus P4SI Kediri Terbentuk

Wadahi Penggemar Burung Puter, Pengurus P4SI Kediri Terbentuk Para deklarator P4SI Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Perkumpulan Penggemar dan Pelestari Puter Seluruh Indonesia atau disingkat P4SI segera terbentuk di Kediri. Para deklarator berdirinya P4SI di Kabupaten dan Kota Kediri berharap dengan terbentuknya wadah bagi penggemar dan pelestari burung puter di Kediri ini, para penggemar akan semakin kompak dan bisa saling bersilaturahmi antar sesama penggemar burung puter.

Memang, penggemar burung puter ini tidak sebanyak penggemar perkutut, derkuku, atau burung ocehan. Namun, kini pamor burung "ndeso" puter semakin moncer, seiring adanya wadah yang bernama P4SI ini dan seringnya diadakan lomba-lomba suara burung puter.

Puter alias Dederuk Jawa yang punya nama keren "Streptopelia bitorquata" ini adalah spesies burung dalam keluarga Columbidae (Merpati-merpatian). Spesies ini mempunyai distribusi yang terputus-putus, terjadi di Filipina dan Kepulauan Indonesia dari Jawa hingga Timor Leste, tetapi tidak ada di Kalimantan atau Sulawesi.

Burung ini juga telah berintroduksi hingga Guam dan Kepulauan Mariana Utara, kendati populasi di Guam telah berkurang dengan terjadinya introduksi ular coklat pohon. Habitat alam Dederuk Jawa adalah hutan dataran rendah subtropis atau hutan dataran rendah tropis yang lembab dan hutan bakau subtropis atau hutan bakau tropis.

Menurut Teguh BP, salah satu deklarator P4SI Kediri, bahwa burung Puter Putih (PP) dan Puter Pelung Putih (PPP) saat ini mulai memiliki banyak peminat di Indonesia. Tapi di Kediri belum terbentuk wadah. Padahal di P4SI struktur organisasinya sudah ada di Pusat, Provinsi, dan di beberapa Kabupaten/Kota.

Simak berita selengkapnya ...