Jumat, 28 Februari 2020 15:12

Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Disdag Surabaya Gelar Operasi Pasar, Catat Jadwalnya!

Jumat, 24 Januari 2020 20:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Disdag Surabaya Gelar Operasi Pasar, Catat Jadwalnya!
Salah satu gelaran Operasi Pasar Pemkot Surabaya di Kelurahan Sidodadi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang peringatan Hari Raya Imlek, beberapa harga kebutuhan bahan pokok di pasaran terpantau merangkak naik. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar operasi pasar (OP) di sejumlah wilayah untuk menstabilkan harga bahan pokok, serta menjaga daya beli masyarakat.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, untuk menstabikan harga kebutuhan pokok, pihaknya menggelar operasi pasar yang dimulai pertengahan Januari 2020. Di samping itu, Satgas Pangan juga rutin melakukan sidak sejumlah pasar untuk memastikan harga jual sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah.

“Kalau harga itu tidak sesuai dengan aturan pemerintah, kita kasih peringatan mereka harus menetapkan maksimum dengan harga yang ditetapkan pemerintah, ini dengan pihak Polrestabes. Jadi ada satgas pangan,” kata Wiwiek, Jum’at (24/1/2020).

Saat ini, kata Wiwiek, harga cabai rawit di pasaran terpantau sekitar Rp 70 ribu/kilogram. Sedangkan harga cabai rawit hijau, berada di posisi sekitar Rp 35 ribu/kilogram. Sementara itu, harga gula dan bawang putih, sebelumnya sempat mengalami kenaikan, namun saat ini sudah kembali normal.

“Kalau Disdag operasi pasar harganya di bawah itu. Hari ini kita juga gelar operasi pasar. Lombok (cabai rawit) itu satu kilonya Rp 58 ribu, jadi kita masih jauh di bawahnya,” jelasnya.

(Jadwal Operasi Pasar Pemkot Surabaya)

Ia memastikan bahwa harga yang disediakan dalam operasi pasar tersebut terbilang murah. Pasalnya, pihaknya langsung bekerja sama dengan petani dan distributor untuk menyediakan bahan kebutuhan pokok tersebut. Operasi pasar ini tak hanya menyediakan cabai, tapi berbagai kebutuhan pokok lain, seperti bawang putih dan gula. “Kalau bawang putih kita jual satu kilo Rp 22 ribu, kalau gula Rp 12.200,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini harga bawang putih di pasaran berada di posisi Rp 30 ribu. Sedangkan gula, harga eceran tertingginya Rp 12.500 dan di toko-toko yang lain mencapai Rp 13 ribu.

“Jadi masih jauh lagi lebih murah kita, pemerintah kan memang harus menstabilkan harga ya. Makanya kami akan bergerak (operasi pasar) sampai keadaan normal,” pungkasnya. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...