Jumat, 21 Februari 2020 02:45

Kejari Jember Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi Pasar Manggisan

Kamis, 23 Januari 2020 20:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muhammad Hatta
Kejari Jember Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi Pasar Manggisan
Tersangka kasus korupsi Pasar Manggisan M. Faris Nurhidayat saat digelandang menuju lapas.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Jeda sehari setelah menetapkan Kepala Dinas Pariwisata Jember Anas Ma'ruf sebagai tersangka kasus korupsi Proyek Revitalisasi Pasar Manggisan Tanggul, Jember, Rabu (22/1/2020) kemarin, hari ini (23/1), Kejari Jember kembali menetapkan tersangka baru. Yakni, atas nama M. Faris Nurhidayat (30) warga Jalan Manggis Gang II, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur.

Faris ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya diperiksa sebagai saksi terkait kasus korupsi proyek yang bernilai kurang lebih Rp 7,8 miliar itu.

Sebelum dititipkan di Lapas Kelas IIA Jember, tersangka menunggu kedatangan istrinya ke Gedung Kejari di Jalan Karimata, Kecamatan Sumbersari. Baru sekitar pukul 16.00 WIB setelah istrinya datang, tersangka digelandang ke lapas.

"Hari ini kita tetapkan lagi satu tersangka, terkait kasus (korupsi) Pasar Manggisan, atas nama saudara F (Faris), dan dilanjutkan penahanan selama 20 hari ke depan," kata Kasi Intel Kejari Jember Agus Budiarto saat ditemui di Kantor Kejari Jember, Kamis (23/1/2020) sore.

Penetapan tersangka tersebut, kata Agus, setelah sebelumnya penyidik mengumpulkan bahan bukti. "F ini sebagai konsultan perencana (proyek) pasar manggisan, dan ada perbuatannya melawan hukum terkait proyek pasar manggisan itu pada tahun 2018," katanya.

Diketahui Faris diperiksa selama kurang lebih 5 jam. "Diperiksa dari jam 9 pagi tadi, kurang lebih lima jam. Pemanggilan ini yang kedua sebelum jadi tersangka, adalah sebagai saksi. Setelah terbukti baru dinaikkan jadi tersangka ini," katanya.

Selama diperiksa, kata Agus, tersangka kooperatif. "Sangat kooperatif, terkait kemudian dia menganggapnya sebagai fitnah, nah kita punya alat bukti yang cukup kok. Makanya jadi tersangka ini," tukasnya.

Seada dengan Agusm menurut Kasi Pidsus Kejari Jember Setyo Adhi Wicaksono, penetapan tersangka terhadap Faris ini ditegaskan dengan alat bukti yang cukup. "Terkait pasalnya adalah sama dengan yang kemarin. Yakni Pasal 2 dan 3 tentang Tipikor, dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara," tegasnya.

Sementara itu, pantauan wartawan di Gedung Kejari Jember, saat akan dimasukkan dalam mobil untuk diantar ke Lapas Kelas IIA Jember, tersangka Faris beberapa kali mengucap protes.

"Ini Fitnah, Allah tidak tidur," ucapnya berulang-ulang.

Sampai kemudian petugas membawanya ke Lapas untuk dilakukan penahanan terhadap tersangka. (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...