Ribuan Rumah Warga Gempol Tergenang Air Usai Diguyur Hujan Deras 5 Jam

Ribuan Rumah Warga Gempol Tergenang Air Usai Diguyur Hujan Deras 5 Jam Jalan protokol di wilayah Gempol juga ikut tergenang banjir.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Hujan deras selama hampir 5 jam yang mengguyur wilayah Gempol Rabu (22/01) petang kemarin, mengakibatkan ribuan rumah warga di 8 dusun Desa Gempol, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan tergenang air. Ketinggian air bervariatif antara 30-40 cm meter.

Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat banjir ini aktivitas masyarakat terganggu. Bahkan sejumlah sekolah terpaksa meliburkan siswanya, akibat ruang kelas tergenang banjir.

Data yang dihimpun BANGSAONLINE.com di Desa Gempol, jumlah warga terdampak banjir kali ini, yakni di Dusun Wonoayo 315 KK, Dusun Gempoljoyo 450 KK, Tanjang 773 KK, Gempol Baru dan Kota 160 KK, Dusun Patuk 112 KK, Viaduk 35 KK. Mayoritas warga memilih tetap tinggal di rumah, meski rumah mereka tergenang.

Bencana banjir di Desa Gempol ini mendapat perhatian serius dari BPBD Kabupaten Pasuruan dan Provinsi. Jajaran Muspika Gempol juga sudah melakukan penanganan kedaruratan dan pendataan.

Plt. BPBD Kabupaten Pasuruan Tecto yang dikonfirmasi di lokasi banjir menjelaskan banjir ini disebabkan anak sungai Wrati tidak mampu menampung tingginya debit air pasca diguyur hujan deras selama 5 jam. Apalagi, selama ini saluran pembuangan mengalami pendangkalan.

Pihaknya berencana mendatangkan dua alat berat milik BPBD Provinsi untuk membersihkan sampah dan enceng gondok di anak sungai Wrati dan Sungai Kebonsari.

"Sementara kita segera bangun dapur umum serta penyiapan air bersih dan mobil toilet untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari, serta menyediakan obat-obatan gratis dari Puskesmas Gempol," jelasnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '6 Hari Terseret Banjir, Petani di Pasuruan Ditemukan Mengapung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO