Putra Mahkota Saudi Arabia Muhammad bin Salman Sadap Ponsel Orang Terkaya di Dunia Jeff Bezos

Putra Mahkota Saudi Arabia Muhammad bin Salman Sadap Ponsel Orang Terkaya di Dunia Jeff Bezos Jeff Bezos bersama Mohammed bin Salman selama kunjungannya ke AS pada Maret 2018. foto: Saudi Press Agency

BANGSAONLINE.com - Sebuah investigasi menemukan fakta bahwa ponsel pemilik Washington Post, yang juga Bos Amazon, Jeff Bezos disadap Putra Mahkota Kerajaan Saudi Arabia, Muhammad bin Salman.

Bahkan, diduga Jeff Bezos menjadi target, lima bulan sebelum pembunuhan Jamal Khashoggi.

Peretasan dan penyadapan ini diawali ketika miliarder Amazon, Jeff Bezos, menerima pesan whatsapp secara japri dari putra mahkota, pada 2018. Demikian sumber Guardian.

Pesan terenkripsi dari nomor yang digunakan Muhammad bin Salman diyakini telah menyertakan file tertentu, yang membuktikan penyusupan ke ponsel orang terkaya di dunia, menurut hasil analisis forensik digital.

Analisis ini menemukan "sangat mungkin" bahwa intrusi ke telepon dipicu oleh file video yang terinfeksi yang dikirim dari akun pewaris Saudi ke Bezos.

Kedua orang itu telah melakukan percakapan via tulisan melalui WhatsApp yang renyah dan ramah pada 1 Mei tahun itu. Muhammad mengirim file yang tidak diminta, menurut sumber yang berbicara kepada Guardian.

Yang terjadi adalah sejumlah besar data dari telepon Bezos, dicolongi, hanya dalam beberapa jam, menurut seseorang yang mengetahui masalah ini. Tujuan peretasan ponsel Bezos ini, diduga terkait akan membuat kejutan di pasar modal dunia.

Temuan ini, dapat merusak upaya Muhammad bin Salman untuk memikat lebih banyak investor Barat ke Arab Saudi, di mana ia telah bersumpah untuk secara ekonomis mengubah kerajaan. Bahkan, dia telah membuktikan bersikap sangat keras kepada pengritiknya. Contohnya, kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

Dan akhirnya, penyadapan ini dimuat tabloid AS, National Enquirer, tentang rincian kehidupan pribadi Bezos - termasuk pesan teks - sembilan bulan kemudian.

Hal ini juga dapat mengarah pada dugaan baru, apa yang dilakukan putra mahkota dan kroninya pada bulan-bulan sebelum pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis Washington Post yang terbunuh pada Oktober 2018 – atau lima bulan setelah dugaan "peretasan" ponsel Besoz.

Sumber: theguardian

Lihat juga video 'Prof KH Imam Ghazali: Ajaran Wahabi Sudah Tak Relevan, Raja Saudi Tertarik Islam Moderat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO