Sabtu, 04 April 2020 18:03

Masuk ke Permukiman, Ular Kobra Teror Warga Tuban

Senin, 20 Januari 2020 22:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Masuk ke Permukiman, Ular Kobra Teror Warga Tuban
Salah satu anakan ular kobra yang berhasil ditangkap warga.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sudah sepekan ini ular kobra meneror warga Kabupaten Tuban. Baik anakan ular kobra, maupun indukanya juga masuk ke permukiman warga.

Keberadaan hewan melata tersebut membuat warga resah. Mereka khawatir sewaktu-wakut digigit hewan berbisa itu.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, Senin (20/1) menyebutkan, sementara ini sebanyak 3 lokasi ditemukan ular kobra. Pertama, ular kobra ditemukan di dalam sumur milik Anggi (24) warga Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Beruntung, ular kobra sepanjang 1 meter berhasil dievakuasi BPBD Tuban.

Kemudian, 1 indukan ular kobra dan 2 ekor anaknya juga meneror permukiman di Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Menurut keterangan warga sekitar, ular itu muncul sejak Sabtu (18/1) sore. Dari 3 ekor ular yang diburu warga, 1 di antaranya berhasil ditangkap.

Kemudian, pada Minggu (19/1) sore, ular kobra itu kembali muncul ke pemukiman warga. Beruntung warga kembali berhasil menangkap anakan ular kobra tersebut. Sedangkan, indukannya masih bisa kabur dan diduga bersembunyi di sarangnya.

"Akan tetapi, sampai saat ini warga masih was-was karena indukannya belum ditemukan dan masih berkeliaran," ujar Anggun Priyo Utomo (30) warga Desa Kesamben saat ditemui, Senin (20/1).

Warga berharap ada tindakan dari pemerintah terkait adanya ular kobra yang masuk ke permukimam warga. Warga meminta ada tindakan pembasmian terhadap keberadaan ular kobra ini.

"Semoga saja tidak ada korban adanya ular kobra ini," harapnya.

Sementara titik ketiga, ada di Dusun Klampok, Desa Prunggahan Kulon, Kabupaten Tuban. Di lokasi ini, ditemukan 6 ular anakan kobra pada Senin (20/1) pagi. Ivan Bastian, warga setempat mengaku mengetahui munculnya ular setelah sholat subuh di dekat rumahnya.

Pada saat itu anakan ular sedang dibuat mainan oleh seekor kucing. Dari situlah, kemudian Ivan bersama tetangganya mencari ular yang lain. Dengan dibantu pawang, sebanyak 5 ular anakan kobra berhasil ditangkap.

"Sempat memanggil BPBD juga, tapi belum ketemu. Akhirnya memanggil pawang ular dan ditemukan 5 ekor anak ular kobra," ujar Ivan.

Ia menceritakan, sebelum ular berhasil ditemukan, pawang ular menabur garam, karbit, dan obat serangga di sekitar lubang yang diduga dijadikan sarang ular. Setelah beberapa waktu, anakan ular keluar dan berhasil ditangkap.

Kendati demikian, warga masih merasa cemas karena diperkirakan masih ada indukan. "Khawatir mas, karena di sini juga banyak anak-anak kecil," pungkasnya. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...