Tidak Hujan 20 Hari, 18 Hektare Lahan Sawah di Jember Kekeringan

Tidak Hujan 20 Hari, 18 Hektare Lahan Sawah di Jember Kekeringan Keadaan lahan padi yang kering di Jember karena kekurangan air.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kurang lebih sekitar 18 hektare areal lahan sawah di Dusun Krajan, Desa Sanenrejo, Kecamatan Tempurejo, , mengalami kekeringan. Hal ini membuat petani tidak bisa memulai tanam padi sesuai waktunya. Kondisi tersebut lantaran selama 20 hari belakangan tidak turun hujan.

Pemerintah Desa Sanenrejo sudah berupaya untuk mengairi areal persawahan dengan mengambil air dari aliran sumber menggunakan pompa diesel. Sayangnya hal itu tetap tidak cukup memenuhi kebutuhan air.

"Karena lahan sawah kami tanahnya itu tadah hujan. Jadi kondisi kekeringan baru 20 hari ini langsung berdampak," kata Kepala Desa Sanenrejo Sutikno, Senin (20/1/2020).

Sutikno mengatakan, kondisi kekeringan itu menyebabkan para petani tidak bisa melakukan penanaman padi. "Upaya kami bagi kelompok tani dengan menggunakan bantuan dari pemerintah yakni pompa diesel dari aliran sumber, tapi sayangnya tidak bisa memenuhi kebutuhan areal persawahan seluas 18 hektare," katanya.

Untuk tempat penimbunan air juga tidak ada. Padahal sudah digelontorkan anggaran kurang lebih Rp 1 miliar. "Lokasi di Sanenrejo ini kan desa penyangga, ternyata tidak bisa (jadi tempat penimbun air). Sehingga upaya lain, kami akan mencari air dengan menggunakan sumur bor," ungkapnya seraya mengatakan saat ini upaya itu masih proses dilakukan.

Dengan kondisi tersebut, upaya lain agar dapat memenuhi kebutuhan air, pihaknya bersama warga juga terus melakukan doa memohon hujan. "Karena upaya itu terakhir yang kami lakukan agar bisa turun hujan," sambungnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Heru Widagdo menyampaikan, pihaknya belum mendapat laporan adanya kondisi kekeringan di wilayah yang dimaksud.

"Belum ada laporan mengenai kekeringan di , tapi masih kami koordinasikan untuk tetap dilakukan pemantauan. Di sendiri sudah berhari-hari ini tidak hujan lagi. Padahal wilayah lain seperti Probolinggo dan lainnya tetap hujan sesuai dengan musimnya," jelasnya. (ata/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO