Rabu, 01 April 2020 03:23

​Surabaya Banjir, Banyak Mobil di Jalan Raya Tenggelam Hingga Jendela

Rabu, 15 Januari 2020 20:47 WIB
Editor: Tim
​Surabaya Banjir, Banyak Mobil di Jalan Raya Tenggelam Hingga Jendela
Sebuah mobil di kawasan Mayjen Sungkono Surabaya tampak tenggelam hingga jendela. foto: Istimewa/ WhatsApp

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hujan deras sejak siang hingga Rabu sore (15/1/2020) menyebabkan Kota Surabaya banjir. Di beberapa tempat ketinggian air mencapai satu meter. Karena itu banyak mobil tenggelam karena genangan air cukup tinggi. Bahkan beberapa jalan akhirnya macet total.

“Semua wilayah di Surabaya banjir,” tutur Maulana, wartawan HARIAN BANGSA saat sampai di kantor pukul 19.20 Rabu (15/1/2020). Ia mengku memantau dan melewati beberapa wilayah yang tergenang air.

Menurut Maulana, jalan raya yang tergenang air parah adalah kawasan Mayjen Sungkono, Ciliwung, Hayamwuruk, Adityawarman, Indragiri dan beberapa wilayah lainnya.

(Jalan raya Ngagel Surabaya juga banjir. foto: istimewa/ WhatsApp) 

Kini di Surabaya banyak sekali kiriman video ke WhatsApp (WA) yang berisi rekaman banjir di berbagai wilayah di Surabaya. “Ngagel dadi kali, wis (Ngagel sudah jadi sungai),” demikian suara dalam video Surabaya banjir yang diterima BANGSAONLINE.com. Ngagel adalah kawasan elit kota Surabaya.

Warganet juga ramai mengunggah video banjir di berbagai tempat. Diantaranya jalan Mayjen Sungkono, jalan yang terdiri dari dua ruas jalan besar. "Lapor ndan depan kantor mayjend sungkono banjir soro," cuti akun Oggy Dwi Ferluky sambil me-mention akun Suara Suarabaya, @e100ss. Banjir soro artinya banjir parah.

(Beberapa sepeda motor tampak tenggelam di depan Darmo Park Surabaya. foto: istimewa/ WhatsApp)

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengaku sudah mengantisipasi banjir. Bahkan, Selasa (14/1/2020) kemarin, Risma kembali meninjau rumah pompa Petekan dan bozem Simo Hilir, untuk memastikan Surabaya tak terendam banjir saat musim hujan.

Risma juga memberikan instruksi kepada operator alat berat excavator yang saat itu sedang melakukan pengerukan sedimen tanah di sisi utara pintu air tersebut. Risma juga menginstruksikan kepada jajarannya untuk mencoba menyalakan genset di rumah pompa tersebut.

“Alhamdulillah sudah bisa digunakan, tapi karena tadi air sungainya ndak cukup, jadi tidak bisa nyedot dia. Karena (kapasitas) pompanya memang besar,” kata Risma.

Yang banyak menyedot perhatian, saat Risma hadir di Rakernas PDIP. Di tengah soroatan media, Risma memantau pintu air di Surabaya menggunakan gawai yang dia bawa dan tersambung dengan CCTV. "Aku mantau pompa pintu air," kata Risma di lokasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/1/2020). "Jadi tahu pompa dinyalakan atau ndak," kata dia. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...