Senin, 17 Februari 2020 22:42

Diduga Terkena Serangan Jantung, Seorang Petapa Tewas di Gunung Pantai Payangan

Rabu, 15 Januari 2020 16:34 WIB
Editor: .
Wartawan: Muhammad Hatta
Diduga Terkena Serangan Jantung, Seorang Petapa Tewas di Gunung Pantai Payangan
Petugas dibantu warga saat mengevakuasi korban.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sugihartono (67), warga Jalan Hayam Wuruk Kelurahan/Kecamatan Kaliwates, Jember, meninggal saat bertapa di Gunung Samboja Pantai Payangan Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Rabu (15/1/2020). Dirinya yang melakukan ritual bersama dengan temannya Rofiq Firdaus Asri (48) warga Desa/Kecamatan Jelbuk itu, sebelumnya berangkat dari rumah sekitar pukul 20.00 WIB, Selasa (14/1/2020) malam.

"Sebelum ke lokasi Gunung Samboja, korban bersama rekannya sempat mampir singgah di rumah Gus Idom (tokoh masyarakat sekitar)," kata Kapolsek Ambulu AKP Sudaryanto saat dikonfirmasi wartawan.

Selanjutnya sekitar pukul 22.30 WIB, korban bersama rekannya menuju ke Gunung Samboja, Payangan, untuk melakukan ritual di sebuah makam. Lokasinya berada di atas gunung.

"Ritual yang dilakukan berlangsung hingga pukul 01.30 WIB. Kemudian sekitar pukul 02.30 WIB, menurut keterangan (Rofiq, rekan korban), korban mengeluh perutnya sakit dan muntah," sambungnya.

Korban pun sempat beristirahat dan tidur di lokasi. Namun sekitar pukul 5 pagi, Rofiq turun gunung untuk mencari pertolongan karena melihat ada yang janggal dari korban.

"Saat kembali ke lokasi, diketahui korban sudah meninggal, dan selanjutnya melapor ke warga yang diteruskan ke mapolsek," katanya.

Diketahui sebelumnya, korban memiliki riwayat sakit jantung. Kemudian menurut keterangan keluarga, korban saat akan berangkat ke makam di puncak gunung pinggir laut itu, mengeluh sakit dan kelelahan.

"Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban, dan selanjutnya juga diperiksa oleh petugas puskesmas. Selanjutnya diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan," pangkasnya. (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...