Diduga Terkena Serangan Jantung, Seorang Petapa Tewas di Gunung Pantai Payangan

Diduga Terkena Serangan Jantung, Seorang Petapa Tewas di Gunung Pantai Payangan Petugas dibantu warga saat mengevakuasi korban.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sugihartono (67), warga Jalan Hayam Wuruk Kelurahan/Kecamatan Kaliwates, , meninggal saat bertapa di Gunung Samboja Pantai Payangan Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Rabu (15/1/2020). Dirinya yang melakukan ritual bersama dengan temannya Rofiq Firdaus Asri (48) warga Desa/Kecamatan Jelbuk itu, sebelumnya berangkat dari rumah sekitar pukul 20.00 WIB, Selasa (14/1/2020) malam.

"Sebelum ke lokasi Gunung Samboja, korban bersama rekannya sempat mampir singgah di rumah Gus Idom (tokoh masyarakat sekitar)," kata Kapolsek Ambulu AKP Sudaryanto saat dikonfirmasi wartawan.

Selanjutnya sekitar pukul 22.30 WIB, korban bersama rekannya menuju ke Gunung Samboja, Payangan, untuk melakukan ritual di sebuah makam. Lokasinya berada di atas gunung.

"Ritual yang dilakukan berlangsung hingga pukul 01.30 WIB. Kemudian sekitar pukul 02.30 WIB, menurut keterangan (Rofiq, rekan korban), korban mengeluh perutnya sakit dan muntah," sambungnya.

Korban pun sempat beristirahat dan tidur di lokasi. Namun sekitar pukul 5 pagi, Rofiq turun gunung untuk mencari pertolongan karena melihat ada yang janggal dari korban.

"Saat kembali ke lokasi, diketahui korban sudah meninggal, dan selanjutnya melapor ke warga yang diteruskan ke mapolsek," katanya.

Diketahui sebelumnya, korban memiliki riwayat sakit jantung. Kemudian menurut keterangan keluarga, korban saat akan berangkat ke makam di puncak gunung pinggir laut itu, mengeluh sakit dan kelelahan.

"Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban, dan selanjutnya juga diperiksa oleh petugas puskesmas. Selanjutnya diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan," pangkasnya. (ata/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO