Senin, 21 September 2020 23:45

Pertama di Kota Delta, SMK Telkom Sidoarjo Dilengkapi Laboratorium Fiber Optik

Sabtu, 11 Januari 2020 23:45 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Pertama di Kota Delta, SMK Telkom Sidoarjo Dilengkapi Laboratorium Fiber Optik
SATU-SATUNYA: Peresmian Laboratorium Fiber pertama di Sidoarjo oleh Kabid Pembinaan SMK Diknas Jatim didampingi Ketua YPT Dwi S Purnomo, Sabtu (11/1). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - SMK Telkom Sidoarjo kini dilengkapi fasilitas Laboratorium Fiber Optik. Laboratorium Fiber Optik hasil kerja sama Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan PT Telkom ini, merupakan yang pertama di Kota Delta.

Laboratorium Fiber Optik itu diresmikan oleh Kabid Pembinaan SMK Diknas Provinsi Jatim Dr. Suhartono M.Pd. dan Ketua YPT Dwi S Purnomo, di gedung SMK Telkom Sidoarjo, Jl Raya Pecantingan Sidoarjo, Sabtu (11/1).

Ketua YPT, Dwi S Purnomo berharap laboratorium Fiber Optik SMK Telkom Sidoarjo berkontribusi pada dunia pendidikan di Sidoarjo.

"Tidak hanya digunakan untuk meningkatkan kompetensi siswa kami saja, tapi juga untuk masyarakat khususnya yang memerlukan sertifikasi fiber optik," ungkap Dwi.

Laboratorium Fiber Optik ini, memiliki fasilitas yang lengkap dan sesuai standar sertifikasi Teknik Instalasi Fiber Optik (TIFO), serta dapat langsung Go Live dengan koneksi jaringan telpon.

"Ke depannya, Laboratorium Fiber Optik ini dapat digunakan untuk tempat sertifikasi (tempat uji kompetensi/TUK) atau pelatihan TIFO di area Jatim," beber Dwi.

Selain di SMK Telkom Sidoarjo, laboratorium TIFO juga telah dimiliki oleh SMK Telkom Malang. Sehingga di Jatim, terdapat dua laboratorium TIFO yang dimiliki lembaga pendidikan YPT.

SMK Telkom Sidoarjo juga memiliki Laboratorium Multimedia. Para guru di SMK Telkom Sidoarjo juga telah mengikuti pelatihan Fiber Optik.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan informasi atau materi terkini terkait Network Fiber Optik dan kondisi di lapangan, sehingga pendidik bisa menerapkan standar sesuai dengan yang digunakan oleh dunia industri telekomunikasi pada saat ini.

Dwi mengatakan YPT telah mampu memetakan teknologi yang nantinya akan menjadi kekuatan di masa depan, yaitu fiber optik. Keberadaannya bukan hanya mendukung industry 4.0, tapi juga akan menuju ke era industri 5.0.

“Adanya Laboratorium Fiber Optik tentunya menjadi sangat penting, untuk mempersiapkan sumber daya manusia masa depan yang siap untuk membangun bangsa melalui penguasaan teknologi fiber optik,” tuturnya.

Sebelumnya, SMK Telkom Sidoarjo telah menggandeng PT Telkom Indonesia untuk menggelar Program Teaching Factory (TEFA).

TEFA merupakan salah satu bukti komitmen SMK Telkom Sidoarjo untuk mewujudkan sebuah kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri telekomunikasi.

Pada kelas TEFA, siswa tidak hanya langsung dibimbing oleh pegawai PT Telkom Witel Sidoarjo, tetapi juga melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan budaya kerja industri di sekolah. Jadi, TEFA menghadirkan industri di sekolah. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...