Sabtu, 04 April 2020 19:02

Damkar Bojonegoro 'Bakar' Tiga Sarang Tawon Vespa di Trucuk

Jumat, 03 Januari 2020 10:24 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Damkar Bojonegoro
Petugas Damkar membakar sarang Tawon Ndas di Trucuk.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (02/01/20) kemarin sore selain melakukan evakuasi ular kobra juga melakukan evakuasi tiga tempat sarang tawon vespa affiniss (tawon ndas), tempatnya di Kecamatan Trucuk.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelamatan Dinas Damkar Bojonegoro, Teguh Haris menyebutkan, pasca terjadinya serangan tawon vespa yang menyebabkan seorang warga di Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban meninggal dunia beberapa waktu lalu, warga Bojonegoro juga aktif melaporkan adanya sarang tawon ndas.

"Kami sudah menerima banyak laporan, dan langsung kita lakukan penanganan, termasuk malam tadi tiga lokasi di Kecamatan Trucuk," ujar Teguh Haris Jumat (03/01/20) pagi.

Tiga tempat itu di antaranya, pertama di rumah Yasin warga Desa Sumbangtimun RT 14 RW 04 Kecamatan Trucuk. Kronologinya pada pukul 15.20 WIB Pos Damkar menerima laporan dari Sintia dan pada pukul 18:40 WIB petugas mendatangi lokasi. Kemudian petugas melakukan evakuasi dengan metode pengasapan yang berada di atas atap rumah.

Lokasi kedua berada di belakang rumah M. Sidiq warga Desa Sumbangtimun RT 14 RW 04 Kecamatan Trucuk setelah menerima laporan pada pukul 19.40 WIB. Petugas tiba pukul 20:10 WIB dan langsung melakukan evakuasi dengan metode pengasapan yang berada di atas pohon bambu.

Lokasi ketiga berada pekarangan milik Wiji yang juga warga Sumbangtimun RT.12 RW 04 Kecamatan Trucuk. Petugas juga melakukan pengasapan pada sarang tawon vespa yang berada di pohon gempol.

"Di Bojonegoro Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Kami harap masyarakat selalu aktif melakukan pelaporan kepada Pos Damkar jika di rumah atau pekarangan rumah ditemukan sarang tawon vespa," jelas Teguh Haris.

Kata dia, selain melakukan evakuasi sarang tawon vespa, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro, kemarin sore juga mengevakuasi sejumlah anakan ular kobra. Ada sekitar tiga sampai lima ekor ular berhasil dievakuasi dan diamankan.

Evakuasi ular kobra itu berada belakang rumah milik Samian Dusun Banjartal RT 22 / RW 07 Desa Kabunan, Kecamatan Balen.

(BACA JUGA: Rumah Warga Balen Bojonegoro Jadi Sarang Ular Kobra, Damkar Turun Tangan)

"Kami menerima laporan warga, kemudian kita datangi dan kita lakukan evakuasi. Bahkan informasi dari warga disekitar lokasi sudah ada sekitar 25 ekor ular yang ditemukan, tetapi langsung dibunuh karena warga ketakutan," tambah Teguh Haris menjelaskan. (nur/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...