Jupe Minta Jokowi Sediakan Vaksin Gratis bagi Penderita Kanker Serviks

Jupe Minta Jokowi Sediakan Vaksin Gratis bagi Penderita Kanker Serviks Julia Perez. Foto: vivanews.com

BangsaOnline-Pedangdut Julia Perez alias Jupe menyampaikan harapannya kepada Presiden Joko Widodo dan Mentri Kesehatan, Nila Djuwita Moelek untuk menyediakan vaksin pencegahan secara cuma-cuma. Sebagai penderita kanker serviks, Jupe menganggap hal itu sangat perlu.

“Berharap sama Pak Jokowi dan Mentri Kesehatan yang baru, perempuan Indonesia diberikan suntikan vaksin . Mahal harganya, saya sih berharap gratis buat orang yang tidak mampu,” katanya saat diwawancara di Studio MNC TV, Jakarta, Kamis 11 Desember 2014.

Jupe mengaku minim pengetahuan mengenai hal ini. Ia baru sadar setelah menderita . Ia menyarankan untuk wanita yang telah melakukan hubungan badan segera periksa secara rutin.

“Andai saya tahu hal itu dari dulu. Jadi buat wanita yang sudah menikah dan berhubungan badan periksa dirinya secara rutin, itu penting banget,” ucapnya.

Meski berat, Jupe bertekad tidak akan menyerah menjalani segala pengobatan. Ia ingin menunjukkan kepada yang lain divonis kanker bukan berarti harus menyerah.

“Pokoknya saya akan terus berjuang. Saya harap saya perempuan Indonesia terakhir yang kena penyakit ini,” katanya.

Perihal penyebab atau kanker mulut rahim, dijelaskan Bidanku.com, adalah Human papilloma Virus (HPV). Sedangkan, penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18.

Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar. Tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan WC umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkiti seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkan dengan baik.

Selain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e, serta kurangnya asupan asam folat.

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan atau seks bebas, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan, dan melakukan hubungan intim pada usia dini (melakukan hubungan intim pada usia kurang dari 16 tahun dapat meningkatkan dua kali risiko terkena kanker serviks).

Faktor lain penyebab adalah adanya keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama, dan terlalu sering melahirkan.

Sumber: vivanews.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO