Sabtu, 31 Oktober 2020 05:57

Di Bojonegoro, Empat Kecamatan Telah Melaporkan Munculnya Ular Kobra

Jumat, 27 Desember 2019 21:24 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Di Bojonegoro, Empat Kecamatan Telah Melaporkan Munculnya Ular Kobra
EVAKUASI: Tim penyelamatan Dinas Damkar Bojonegoro saat mengamankan ular kayu di rumah warga Perum Citra Permata Rajekwesi, Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander. foto: ist.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Teror ular kobra di beberapa daerah beberapa pekan terakhir membuat masyarakat khawatir. Bahkan ular kobra juga banyak muncul di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Data diperoleh dari Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro menyebutkan, ada empat kecamatan yang sudah melaporkan munculnya ular kobra kepada Damkar. Empat kecamatan itu Baureno, Dander, Balen, dan Kota Bojonegoro.

"Untuk aduan sudah ada empat kecamatan, bukan hanya ular kobra, ada juga ular jenis lain yang juga dilaporkan," ujar Kepala Bidang (Kabid) Penyelamatan Dinas Damkar Bojonegoro, Teguh Haris dihubungi Jumat (27/12/19) sore.

Dia menjelaskan, laporan adanya ular kobra ini telah diterima sejak beberapa hari terakhir. Ular kobra yang rata-rata masih kecil dievakuasi dari rumah warga yang telah malapor.

"Bila di dalam rumah atau pekarangan rumah ditemukan ular jenis apapun yang sifatnya berbahaya agar segera lapor atau telepon Pos Damkar (0353113) dengan menyebutkan alamat lengkap. Tim kami akan datang melakukan evakuasi," jelas Teguh.

Dia menjelaskan, ular suka di tempat lembap dan tumpukan barang-barang, apalagi musim penghujan seperti saat ini ular sedang berkembang biak.

"Untuk mencegah ular masuk rumah, tetap jaga kebersihan rumah dan beri rumah bau yang menyengat seperti bau obat pel atau kapur barus," terangnya.

Dia menambahkan, sore tadi tim penyelamatan Dinas Pemadam Kebakara juga telah melakukan evakuasi satu ekor ular sekitar pukul 17.00. Namun bukan jenis kobra, melainkan ular kayu (coelognathus radiatus).

Ular tersebut ditemukan di rumah milik Imam, 28, warga Perum Citra Permata Rajekwesi, Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander.

“Kalau ular kayu berbisa rendah, ularnya diperkirakan sudah berusia dua tahun dengan panjang dua meter. Usai kami evakuasi, ular diadopsi salah satu pecinta reptil asal Desa Leran Kecamatan Kalitidu yang bernama Angga,” ujar Teguh Haris menambahkan.

Sebelumnya, damkar juga menerima laporan warga adanya ular kobra masuk permukiman warga pada Kamis (26/12) lalu. Pertama, upaya evakuasi dilakukan di rumah Bambang, warga Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander. Kedua di rumah Siti Khomariah, warga Dusun Banaran Desa Bulu Kecamatan Balen.

"Apabila mendapati ular kobra tersebut di dalam rumah sebaiknya lakukan tindakan STOP (silent, thinking observe, prepare). Intinya, setiap ular itu sangat merespons apabila ada gerakan. Jadi jangan terlalu banyak bergerak, lebih baik diam, biasanya ular akan pergi dengan sendirinya," tuturnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...