Warga Nawangan Pacitan Minta Pelebaran Jalan

Warga Nawangan Pacitan Minta Pelebaran Jalan Prawoto, salah seorang tokoh masyarakat Desa Nawangan. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Prawoto, tokoh masyarakat Desa Nawangan, Kecamatan Nawangan, Kabupaten mengeluhkan sempitnya sejumlah titik jalan yang membentang antara Arjosari dan Nawangan. "Mulai kepemimpinan SBY dua periode sampai detik ini, belum ada perhatian. Beberapa ruas jalan masih sempit. Namun tak kunjung ada perhatian dari Pemprov Jatim," keluh Prawoto, Jumat (27/12).

Ia yang mengaku rumahnya di pinggir jalan, mengaku siap secara sukarela untuk pindah seandainya terkena dampak pelebaran. "Kami menduga seperti ada yang sengaja mengganjal (terkait pelebaran jalan, Red). Sebab beberapa titik lokasi di tepian jalan konon milik anggota DPRD. Tapi ini hanya sebatas dugaan saja," ungkapnya.

Ia meminta agar Pemprov Jatim peduli dengan aspirasi masyarakat. Sebab, menurutnya jalur Arjosari-Nawangan merupakan akses vital perekonomian masyarakat.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kasie Pembangunan Jalan dan Jembatan (PJJ) UPT PJJ Dinas PU dan Binamarga Pemprov Jatim wilayah , Budi Hari Santoso mengatakan, pihaknya sudah melakukan pelebaran jalan di sejumlah titik. Bahkan, sampai detik ini sebenarnya sudah hampir 30-35 persen pelebaran badan jalan yang telah dilakukan Pemprov Jatim.

Meski diakuinya, masih ada beberapa lokasi yang masih dalam taraf perencanaan. "Tahun depan ada sekitar 17 Km badan jalan yang akan dilebarkan. Dari 3,5 meter menjadi 6 meter. Cuma ini perlu tahapan, tidak bisa hanya bim salabim," jelas Budi yang saat itu baru saja mendarat di Bandara Juanda, Surabaya.

Budi menegaskan, untuk kawasan Kota Kecamatan Nawangan masih akan diajukan untuk pelebaran. Sementara, saat ini pelebaran jalan masih difokuskan pada kawasan pinggiran dengan harapan lebih mempermudah arus kendaraan.

"Tapi bertahap pasti akan kita usulkan pelebaran. Seperti tahun depan juga ada 17 Km yang kita lebarkan dengan pengerasan beton di bahu-bahu jalan. Selanjutnya juga akan kita anggarkan untuk pengaspalan," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO