Sukses Gelar Pemilu, KPU Batu Tanam Pohon

Sukses Gelar Pemilu, KPU Batu Tanam Pohon Ketua KPU Kota Batu Mardiono secara simbolis menyerahkan bibit pohon kepada Kepala Desa Tlekung, Mardi.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Setelah sukses menggelar Pemilu Serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mengadakan kegiatan tanam pohon di pinggir Jalan Raya Tlekung, Junrejo, Kota Batu, Jumat (19/12). Selain tanam pohon, KPU Kota Batu juga menanam sayuran di lahan kosong area kantor KPU.

"Kegiatan tanam pohon dan sayur ini merupakan rangkaian sosialisasi telah memilih pada pemilu 2019 yang diadakan KPU Kota Batu kemarin. Kami bekerja sama dengan Baskomas Malang Raya yang menyediakan bibit pohon dan sayuran," ujar Marlina, Ketua SDM dan Parmas KPU Kota Batu.

Tanaman keras yang ditanam di pinggir jalan Raya Tlekung sebanyak 30 pohon. Sementara yang ditanam di pekarangan kantor KPU ada 200 bibit sayuran. Seluruh staf KPU Kota Batu ikut terlibat dan dibantu warga sekitar.

Sementara itu, Founder Bantuan Sosial Komunikasi Masyarakat (Baskomas) Malang Raya, F. Harianto mengatakan, kegiatan tanam pohon dan sayur ini baru pertama kali digelar Baskomas di Malang Raya. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk urban farming, yakni memafaatkan lahan sempit untuk pertanian.

"Menanam sayur di sekitar kantor KPU sebanyak 200 tanaman ini merupakan bentuk dari urban farming yang nantinya menuju KPU Go Green. Kami berharap, semua kantor di Kota Batu bisa meniru urban farming KPU Kota Batu ini," ujar Harianto.

Terkait pemeliharaan tanaman, Baskomas berjanji akan ikut terlibat bersama kelompok wanita tani Kusuma Andini dan gerakan kesadaran alamku hijau Malang Raya. Menurut Harianto, saat ini momen yang tepat melakukan tanam pohon karena bersamaan dengan musim hujan.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batu Mardiono mengungkapkan bahwa Kota Batu termasuk salah satu kota terbaik dalam hal partisipasi pemilih dalam pemilu 2019. Tercatat 87,44 persen warga terlibat aktif memilih. Berbeda dengan kota dan kabupaten Malang yang hanya sekitar di bawah 80 persen.

"Kami mendapat apresiasi dari KPU Jawa Timur terkait partisipasi pemilih yang mencapai 87,44 persen ini. Ini sejalan dengan target KPU Jatim sebesar 80 persen, melebihi target nasional sebesar 77,5 persen," ungkapnya. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO