Jumat, 10 Juli 2020 01:31

​Semen Indonesia dan PWI Tuban Komitmen Optimalkan Website Desa

Senin, 16 Desember 2019 17:47 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Semen Indonesia dan PWI Tuban Komitmen Optimalkan Website Desa
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk - Pabrik Tuban bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban menggelar Pelatihan Penulisan Pemberitaan kepada Operator Website Desa di Gedung DPRD Kabupaten Tuban, Senin (16/12).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk - Pabrik Tuban bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban berkomitmen mengoptimalkan website desa.

Hal itu diwujudkan dengan menggelar Pelatihan Penulisan Pemberitaan kepada Operator Website Desa di Gedung DPRD Kabupaten Tuban, Senin (16/12).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu menyasar operator website desa yang berada di sekitar perusahaan.

Selain memberikan pemahaman tentang bagaimana fungsi dan kegunaan website desa, juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat, mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi melalui website dengan tepat dan menarik. Bahkan, bisa menyajikan informasi berita desa dengan baik dan benar.

"Ini adalah bagian dari usaha Semen Indonesia bersama awak media di Tuban untuk memberikan edukasi kepada perangkat desa yang menjadi operator website desa. Selain bisa menjalankan operasional pelayanan juga bisa memberikan informasi di desa," ujar Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda saat dikonfirmasi memberikan apresiasi yang luar biasa akan agenda rencana yang dilakukan jurnalis Tuban dan stakeholder dalam hal ini Semen Indonesia. Sebab dewasa ini, masih banyak perangkat desa yang awam tentang apa manfaat dan kegunaan website desa. Sehingga melalui ini, mampu membantu tujuan konsep keterbukaan informasi desa.

“Kita dorong dan kita bantu agar semua desa merasakan pelatihan ini. Sebab penting sekali ini. Kalau Informasi di desa itu bisa berjalan dengan baik, maka kinerja desa dan pemerintah, atau perusahaan bisa di cover dengan baik,” jelas bupati.

Senior Manager of Public Relation & AMP, CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo berharap website desa bisa dioptimalkan lagi. Bukan hanya sebagai sumber berita atau informasi data desa saja. Namun, bisa juga digunakan sebagai sarana promosi potensi yang ada di desa.

“Jika desa mempunyai wisata maupun produk unggulan juga bisa dipromosikan melalui website ini,” ungkapnya. Selain itu, lanjut Setiawan, website desa juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara pemerintah desa dengan warga.

“Misalnya, di dalam website tersebut diberikan kolom saran dari masyarakat untuk pemdes. Bisa juga di dalam website itu diberi form-form administrasi kependudukan. Jadi website desa itu sangat banyak manfaatnya. Untuk itu mari kita optimalkan website desa ini,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Tuban H. Miyadi, mengapresiasi kegiatan tersebut karena dinilai mampu meningkatkan kemajuan desa dalam optimalisasi website. Ia pun meminta agar para desa terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman di era Industrialisasi 4.0

“Kita minta agar desa terus berinovasi, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...