Bom Warisan Perang Dunia II Ditemukan, 54 Ribu Penduduk Kota Dievakuasi

Bom Warisan Perang Dunia II Ditemukan, 54 Ribu Penduduk Kota Dievakuasi Kota pelabuhan Brindisi ditinggal penghuninya mengungsi, seperti kota mati. foto: theguardian

BANGSAONLINE.com – Lebih dari 50.000 penduduk Kota pelabuhan Brindisi di Selatan Italia, dievakuasi, karena ditemukannya bom warisan perang ke-2 oleh pekerja konstruksi. Penduduk dievakuasi saat para ahli bom berusaha menjinakkkannya, pada Minggu (15/12/2019).

Sebuah bom milik Inggris tahun 1941 ditemukan oleh pekerja konstruksi di kota pelabuhan Brindisi, pada 2 November 2019. Saat itu, mereka melakukan renovasi sebuah bioskop. Bom yang dikenal dengan sebutan WW2, diyakini dijatuhkan di kota pelabuhan ini pada tahun 1941.

Surat kabar Italia, Corriere Della Sera menggambarkan operasi itu sebagai "evakuasi di masa tenang, terbesar di Italia". Sebab, ada lebih dari 54.000 penduduk terpaksa meninggalkan rumah mereka selama beberapa jam, pada Minggu pagi, dalam radius 1.617 meter.

Sebagai bagian dari operasi, bandara kota, stasiun kereta api, dua rumah sakit dan penjara ditutup. Lebih dari 200 narapidana dipindahkan ke penjara di Lecce, 38 km jauhnya.

Sekitar pukul 13.00 waktu setempat, siang tadi, pihak berwenang mengonfirmasi bahwa para ahli telah berhasil menjinakkan bahan peledak, yang panjangnya 1 meter dan mengandung 40 kg dinamit.

Pihak berwenang mengatakan, pada hari Senin mereka akan membawa bom ke lokasi terpencil untuk ledakan terkendali.

Sumber: theguardian

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO