Wali Kota Risma Jadi Inspirasi Perempuan di Turki

Wali Kota Risma Jadi Inspirasi Perempuan di Turki Presiden Turki Erdogan memuji Wali Kota Risma sebagai perempuan inspiratif.

TURKI, BANGSAONLINE.com - Keberhasilan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam memimpin dan membangun Kota Surabaya menginspirasi dunia. 

Terbaru, wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan ini menjadi inspirasi perempuan-perempuan di Turki. Bahkan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memuji Risma sebagai perempuan inspiratif.

Pujian itu disampaikan Erdogan pada saat International Forum of Women in Local Government di Ankara, Turki, 11-12 Desember 2019. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Sayap Perempuan, Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), partai politik yang didirikan dan saat ini masih dipimpin oleh Presiden Erdogan. Dalam forum itu, Risma menjadi narasumber dan tamu kehormatan.

"Perempuan-perempuan inspiratif seperti Risma dari Surabaya, Indonesia, menambah keyakinan kita bahwa perempuan harus dilibatkan dan diajak bicara dalam proses pembangunan,” kata Erdogan dalam sambutannya.

Forum internasional ini digelar sebagai upaya Erdogan untuk mengarusutamakan peran perempuan di berbagai sektor, termasuk dalam politik. Saat ini, dari 600 anggota parlemen Turki, hanya 103 orang perempuan. Dari 1.389 wali kota, hanya sekitar 3 persen wali kota perempuan. 

Pada masa kepemimpinan Presiden Erdogan, terjadi peningkatan signifikan jumlah perempuan yang aktif di ranah publik, meskipun disadari jumlahnya masih jauh dari harapan.

Forum kali ini, dihadiri oleh para tokoh perempuan dari sekitar 20 negara. Risma diundang sebagai tamu kehormatan karena dipandang berhasil sebagai wali Kota Surabaya dan berhasil menjadi inspirasi bagi banyak perempuan, termasuk di Turki.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO