Pasuruan Wakili Jatim di Lomba Reproduksi Tingkat Nasional, Sabet Juara I Paramedik Veteriner PKB

Pasuruan Wakili Jatim di Lomba Reproduksi Tingkat Nasional, Sabet Juara I Paramedik Veteriner PKB Jajaran Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan berpose dengan Dirjen Peternakan dan Keswan di Jakarta.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sidi Asmadi, salah satu petugas PKB (pemeriksan kebuntingan) Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pasuruan menjadi wakil Provinsi Jawa Timur dalam ajang lomba Petugas Reproduksi Tingkat Nasional. Lomba ini digelar sebagai bentuk apresiasi pemerintah pada petugas IB, dokter hewan berprestasi, serta pemeriksa kebuntingan hewan.

Hasilnya, Sidi Asmadi berhasil menjadi Juara I Paramedik Veteriner Petugas Kebuntingan (PKB) Tingkat Nasional setelah menyisihkan peserta dari provinsi lain. Ia dinilai berhasil malakukan pemeriksaan kebuntingan rata-rata 50 ekor setiap harinya, atau 18.250 ekor selama satu tahun.

Hal ini disampaikan Irianto, Kepala DPKP Kabupaten Pasuruan. Menurutnya, kepesertaan Pasuruan mewakili Jawa Timur, apalagi membuahkan juara, merupakan prestasi yang membanggakan. “Kita berharap prestasi yang sudah di terolehkan Sidi Asmadi menjadi motivasi bagi semua pegawai dan petugas peternakan lainnya untuk lebih semangat dalam meningkatkan kegiatan IB,” jelas Irianto.

Dalam ajang ini, Pemprov Jatim juga menjadi Juara I kategori Kinerja Pelayanan Pemerintah Daerah Wilayah Dominan Inseminasi Buatan (IB). Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim, Wemmi Niamawati yang mewakili Gubernur Jatim. Penghargaan ini berhasil diraih Pemprov Jatim karena pada tahun 2019 mampu melakukan kawin suntik pada sebanyak 1.710.000 ekor sapi atau 131 persen dari target nasional sebanyak 1.300.000 ekor. Hasilnya angka kebuntingannya sebesar 1.025.000 ekor, dan angka kelahirannya sebesar 1.021.000 ekor.

Sedangkan penghargaan ketiga, yakni Juara II Paramedik Veteriner Inseminasi Buatan (IB) Tingkat Nasional kategori Petugas Inseminator yang diraih petugas dari Kab. Bondowoso atas nama Supnandar, dengan prestasi mampu melakukan pelayanan kawin suntik rata-rata 40 ekor setiap harinya, atau 14.600 ekor selama satu tahun.

Kabid Produksi DPKP Kabupaten Pasuruan Ari widodo, menuturkan Sidi Asmadi menjadi pegawai Dinas Peternakan sejak tahun 2000, dan menjadi petugas PKB sejak tahun 2017 sampai sekarang. Ia memberikan pelayanan di bidang IB dan PKB di Puskeswan Wonorejo. Wilayah pelayanannya meliputi Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Pohjentrek, Kecamatan Kraton, dan Kecamatan Rembang.

Ari berharap prestasi yang diraih oleh Sidi Asmadi bisa diadopsi oleh petugas IB mapuan PKB lainnya. Saat ini ada 12 orang petugas PKB yang dimiliki DPKP. Sementara wilayah kerja mereka cukup luas dan besar, utamanya di sentral peternakan sapi yang ada di 4 Kecamatan, yakni Tutur, Purwodadi, Grati, dan Puspo. “Pada tahun ini Dinas Paternakan menargetkan pemeriksaan kebuntingan terhadap 40 ribu ekor ternak. Alhamdulillah sudah tercapai,” jelasnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO