RCL Kota Batu Kecam Pembuangan Sampah Popok di Kali

RCL Kota Batu Kecam Pembuangan Sampah Popok di Kali Anggota RCL Kota Batu mengangkat sampah bekas popok bayi dari Kali Oro-oro Ombo Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Relawan Cinta Lingkungan (RCL) mengecam warga yang membuang sampah popok bayi di Kali Oro-oro Ombo, . Dalam aksi bersih-bersih Kali Oro-oro Ombo, Rabu (11/12), tim RCL dibantu tim penyapuan berhasil mengangkut 2 truk sampah dari kali tersebut, yang 80 persennya adalah sampah bekas pokok bayi. Selebihnya, sampah rumah tangga.

"Kami menyayangkan sekali warga yang membuang bekas popok bayinya ke kali atau ke sungai. Sebab sampah jenis ini penguraiannya bisa seratus tahun. Ini kalau dibiarkan kan terus menumpuk dalam jangka waktu lama," ujar Rudi Eko Prasetyo, Ketua RCL kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (11/12).

Dijelaskan, pokok bekas juga mengandung gel yang sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar. Misalnya, jika gel tersebut terkena air, maka airnya bisa berubah menjadi kehitaman dan membuat ikan-ikan menjadi mandul.

Ditambahkan, sebenarnya popok bekas bisa diolah menjadi barang yang berharga. Di antaranya bisa dibuat pot, patung, dan gelnya bisa dijemur yang nantinya bisa digunakan sebagai media tanam.

"Saya sudah menyosialisasikan kepada anggota PKK, di posyandu, maupun petugas di bank sampah tentang pemanfaatan sampah dari popok bekas ini. Tapi, mayoritas masyarakat belum mengetahui bahwa popok bekas bisa bermanfaat," ungkapnya.

Keberadaan RCL sendiri di sudah ada sejak tiga tahun lalu, dilantik Wali . Bersama pengurus bank sampah, RCL secara rutin bergerak membersihkan sampah, tidak hanya di sungai dan kali, tetapi juga membersihkan sampah di lahan kosong yang tak bertuan. Jumlah anggotanya saat ini mencapai 158 orang tersebar di desa dan kelurahan di . (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO