Jumat, 15 Januari 2021 22:32

Sering Dapat Aduan, DPRD Segera Buat Aturan Penggunaan Sound System

Rabu, 11 Desember 2019 16:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Sering Dapat Aduan, DPRD Segera Buat Aturan Penggunaan Sound System
Suwito Saren Satoto, Ketua DPRD Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar berencana membuat aturan terkait penggunaan sound system dalam kegiatan karnaval, konvoi, maupun kontes. Hal ini ditegaskan Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto menyusul banyaknya keluhan dari masyarakat mengenai dampak dari suara sound system berkekuatan besar yang ditumpangkan di atas truk tersebut.

Keluhan ini kata Suwito, diterima DPRD beberapa kali. Bahkan ada kelompok warga yang langsung mendatangi kantor DPRD mengadukan masalah gangguan kebisingan ini.

"Kami sering menerima aduan dari masyarakat, ada yang disampaikan lewat pesan singkat, ada yang datang ke rumah, bahkan ada pula yang langsung datang ke kantor DPRD. Untuk itulah kami akan membuat agenda untuk membicarakan hal ini, apakah nanti bisa dibuatkan aturan. Karena kalau tidak diatur, nanti semakin meresahkan warga dan berpotensi menjadi konflik di masyarakat," ujar Suwito, Rabu (11/12/2019).

Suwito mengatakan, sound system semula bisa dimanfaatkan sebagai alternatif hiburan masyarakat. Namun, belakangan berubah haluan menjadi ajang adu kencang suara dan kekuatan. Ia mencontohkan kegiatan adu sound syatem yang digelar di Lapangan Brubuh, Sutojayan beberapa waktu lalu. Ketika digelar kontes "adu kencang" sound system, sejumlah kaca rumah warga hancur hingga menimbulkan penolakan warga.

"Ini kan sudah melenceng, sudah tidak mengutamakan seni dan keindahan. Kalau misalnya dibuat lomba yang dinilai adalah kekuatan suara, padahal ini berdampak di masyarakat," tegas politikus PDIP ini.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Blitar Rijanto mengaku menyepakati jika ada usulan peraturan tentang sound system. Namun, ia meminta agar usulan dilakukan sesuai dengan proses.

Senada dengan DPRD, Bupati Rijanto mengaku telah mendengar informasi terkait keluhan suara sound system, meski laporan secara resmi belum ada.

"Tugas pemkab untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan warganya. Kami sepakat kalau ada aturan. Namun harus melalui proses sesuai dengan aturan," kata Rijanto. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Minggu, 10 Januari 2021 23:25 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*47. Wayawma nusayyiru aljibaala wataraa al-ardha baarizatan wahasyarnaahum falam nughaadir minhum ahadaanDan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...