BPOM dan Dinkes Sidak Mamin di Lingkungan Sekolah

KEDIRI (BangsaOnline) - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri, Jawa Timur mendatangi sekolah-sekolah yang ada di kota kediri untuk melakukan pemeriksaan terhadap jajanan yang dijual bebas di lingkungan sekolah. Inspeksi mendadak (Sidak) dilakukan petugas gabungan untuk mengantisipasi peredaran bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam makanan dan minuman (mamin) kecil.

Sidak berlangsung di komplek sekolah dasar negeri SDN Mrican 1 dan 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Dalam sidak tersebut petugas membeli sampling mamin yang dijual di lingkungan sekolah untuk diuji laboratorium secara cepat. Beberapa mamin yang diujikan antara lain pentol, telur puyuh, es, kerupuk dan minuman sirup.

Sembari menunggu hasil pemeriksaan, petugas memberikan penyuluhan terhadap para siswa-siswi perihal makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan. Makanan dan minuman dikatakan berbahaya, karena mengandung pewarna tekstil atau rhodamin b, mentanil yelow, formalin dan borak.

Salah seorang siswa Eric Eka mengaku, kegiatan tersebut sangat berguna bagi mereka, karena dapat mengetahui makanan yang berbahaya dan yang tidak berbahaya. Dengan mengenali makanan dan minuman melalui ciri-cirinya, ia bisa memilih dan membeli makanan dan minuman yang sehat. “Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung rodamin b dan mentanil yelow secara terus menerus dalam kurun waktu lama dapat mengganggu fungsi hati. Sedangkan mengkonumsi makanan dan mimuman mengandung borak dan formalin dalam jangka panjang menimbulkan gangguan saluran kencing dan ginjal,” ujar Eni Zuniati, petugas , Rabu (10/12).

Dalam sidak berkeliling tersebut, petugas membawa mobil operasional yang dilengkapi dengan laboratorium dengan peralatan repid taskid. Sidak dilakukan dengan sasaran sekolah dengan maksud fokus terhadap konsumen kecil, sehingga bahaya makanan dan minuman berbahaya dapat diketahui sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO