273 Calon Penyuluh Agama di Tuban Jalani Tes Wawancara

273 Calon Penyuluh Agama di Tuban Jalani Tes Wawancara Salah satu calon Penyuluh Agama saat mengikuti tes wawancara.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 273 calon di Kabupaten Tuban menjalani tes wawancara oleh Kementerian Agama (Kemenag), Senin (10/12). Para Penyuluh Agama Islam Honorer (PAH) mengikuti tes wawancara, setelah dinyatakan lolos tes tulis.

Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Moh. Qosim mengatakan, ratusan calon Penyuluh Agama Islam Honorer itu menjalani tes wawancara sesuai dengan juknis yang ada. Ada tiga hal yang diujikan dalam tes wawancara tersebut. Yakni, wawasan kebangsaan, meliputi Pancasila dan Undang-undang Dasar 45, Negara Kesatuan RI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Kedua, ceramah atau khutbah. Dan, ketiga membaca Al-Qur'an dan praktek ibadah.

Untuk tes wawasan kebangsaan ada 5 penguji, satu di antaranya dari Kanwil Kemenag Provinsi Jatim, Kasi Kepenyuluhan dan Penerangan Agama Islam Bidang Penais Zawa Dr. H. Abdul Wahid Evendi Anwar, M.Ag, dan para Kasi Kementerian Agama Tuban.

Sedangkan, materi ceramah/khutbah, membaca Al-Qur'an dan praktik ibadah, selain penguji dari Penyelenggara Syariah, juga dibantu beberapa penyuluh.

"Untuk delapan orang yang dinyatakan lolos nanti akan ditempatkan di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban dengan pembagian Penyuluh Agama Islam Honorer yang membidangi zakat, waqaf, pemberantasan buta aksara Al-Qur'an, keluarga sakinah, narkoba, FKUB, produk halal dan radikalisme," bebernya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO