Kamis, 27 Februari 2020 01:32

​Temuan Materi Khilafah di Kediri, Kemenag Jatim Perintahkan Tarik Seluruh Soal Fiqih

Jumat, 06 Desember 2019 01:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
​Temuan Materi Khilafah di Kediri, Kemenag Jatim Perintahkan Tarik Seluruh Soal Fiqih
Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Moch. Amin Mahfud saat membahas tentang munculnya materi soal khilafah.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur Moch. Amin Mahfud telah memerintahkan menarik seluruh soal fiqih yang telah diujikan. Hal ini terkait dengan beredarnya soal khilafah pada ujian mapel Fiqih MA di Kabupaten Kediri.

Sebagai gantinya, ia meminta untuk dilakukan ujian ulang mapel fiqih dengan materi soal yang berbeda pada pekan depan, 11 – 13 Desember 2019

Hingga Rabu (4/12) kemarin, naskah soal fiqih yang bermuatan khilafah telah diujikan di 3 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Kediri yang berbasis kertas, serta 1 MAN berbasis Computer Based Test (CBT). Sementara 2 MAN lainnya belum mengujikan soal tersebut.

Dari hasil investigasi lapangan, Amin menuturkan bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam pembuatan soal tersebut. Pembuat soal dari MAN 2 Kota Kediri mengaku hanya mengkopi soal-soal siap uji yang ada di buku pegangan guru karena keterbatasan waktu yang ada.

“Tidak ada unsur kesengajaan. Soal tersebut di copy paste dari buku pegangan guru, dan materi tersebut sama sekali tidak ada dalam materi pembelajaran,” terang Moch. Amin Mahfud saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/12).

Ia pun memerintahkan agar menarik buku pegangan guru tersebut dari peredaran guru madrasah dan memberikan sanksi sesuai derajat kesalahan pada semua pihak yang ikut terlibat pada pembuatan soal tersebut.

“Atas nama Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, saya menyampaikan permohonan maaf kepada para ulama, tokoh masyarakat dan emua pihak atas kelalaian beredarnya soal ini. Kami juga berterima kasih atas kerja samanya yang telah melaporkan soal tersebut, ehingga kita bisa bertindak cepat mengatasi masalah ini,” ucap Amin.

Ia juga menegaskan dirinya telah berulang kali menyampaikan agar ASN Kementerian Agama harus sudah selesai dengan paham keagamaannya, artinya tidak boleh ekstrem dan tidak boleh radikal. Selain itu, ASN Kemenag juga harus sudah selesai dengan paham kebangsaan. Sepakat bahwa Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan NKRI merupakan harga mati.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Ahmad Srudji Bachtiar menjelaskan bahwa pembuatan soal tersebut merupakan penunjukan atas kesepakatan 10 madrasah wilayah kerja Kediri.

Kepala MAN 4 Kediri selaku sekretariat ujian mengaku soal yang telah dibuat tidak dilakukan verifikasi dan telaah terlebih dahulu, namun langsung masuk ke percetakan dan terdistribusikankepada para siswa. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...